Mohon tunggu...
Dimas Sianipar
Dimas Sianipar Mohon Tunggu... Ilmuwan - Peminat Kajian Kebencanaan | sianipar17.com

Bekerja di BMKG; Alumnus STMKG; Ph.D. Candidate TIGP ESS AS-NCU Taiwan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Warna-Warni Hidup Bersama Printer Canon

25 Mei 2014   06:43 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:08 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kalau ada kawan atau kerabat yang menanyakan saran ketika mau membeli printer, saya selalu merekomendasikan Printer Canon! Saya juga selalu menjadi orang yang identik dengan Printer Canon bagi kawan-kawan saya. Bukan tanpa alasan, printer Canon selalu menjadi "sahabat dekat" bagi saya.

Printer-printer Canon sangat ramah. User friendly dengan kualitas nomor satu! Ini jujur karena memang setiap hari saya menggunakan Printer Canon. Perawatannya mudah dan cost-nya sangat terjangkau. Bertahun-tahun saya akrab sekali dengan Printer Canon.

Dulu, saya sekolah di salah satu SMA favorit di kota kelahiran saya (di Sumatera Utara). Uang sekolahnya lumayan mahal. Tapi untuk sebuah kualitas, orangtua rela menyekolahkan saya di situ, walau dengan keadaan ekonomi kami yang pas-pasan. Di sekolah saya dulu, banyak putra-putri orang makmur. Anak pengusaha terkenal. Anak pejabat. Anak kepala dinas. Bahkan putri dari walikota kami pun bersekolah di SMA ini. Di tengah kondisi itu, saya memutar otak agar tidak kehilangan eksistensi. Punya usaha kayaknya seru!

Sekolah sambil usaha juga bisa toh. Saya membuka usaha rental pengetikan dan percetakan kecil-kecilan. Orangtua mendukung. Kebetulan bapak punya banyak kenalan sehingga menjadi sumber pesanan. Pesanan itu bisa berwujud apa aja: undangan nikah, kartu nama, rapor Taman Kanak-Kanak, foto dan sebagainya.

Yang paling saya ingat, saya punya banyak order saat musim pemilu. Saat itu banyak caleg-caleg bermodal kecil yang hanya sanggup membayar saya untuk mencetak kartu-kartu nama dan brosur/pamflet mereka. Sehingga saat itu saya jadi punya banyak uang jajan.

Semua itu berkat printer-printer Canon yang saya gunakan setiap hari dalam operasional usaha saya. Saat itu bahkan saya punya dua printer Canon ip1880, dua printer Canon ip1980, serta satu printer Canon MP460. Semuanya beroperasi dengan sangat baik. Walau dipakai dalam waktu yang lama, tetap bagus dan jarang bermasalah. Ini yang menjadikan bisnis saya lumayan provitable.

Keunggulan pertama yang saya catat saat itu yaitu sangat "nikmat" untuk sinkronisasi lay-out kita dengan print-out. Tidak seperti printer-printer yang lain, Canon menyertakan tools-tools untuk mengatur halaman dengan sangat mudah.

[caption id="attachment_325453" align="aligncenter" width="538" caption="Usaha percetakan rumahan yang saya dirikan saat SMA, operasional-nya menggunakan Printer Canon semua dan sangat mendatangkan provit yang di luar perkiraan saya"][/caption]

Kemudian hasil cetakan yang sangat baik. Belum ada komplain dari para langganan untuk kualitas hasil cetakan. Sangat mirip dengan hasil dari percetakan-percetakan besar! Tentu saja dibarengi dengan perawatan rutin printer-printer, khusus-nya terhadap catridge-catridge yang dipakai.

Kemudian perawataannya mudah. Cost yang dikeluarkan juga sangat kecil. Yang perlu diperhatikan yaitu "kesehatan" catridge. Kalau sudah ahli mengurus dan merawat catridge-nya maka printer Canon akan mendatangkan keuntungan yang luar biasa.

Selanjutnya, printer-printer Canon sangat irit dan andal. Sejak pertama saya menggunakan Printer Canon, tak terhitung lagi sudah berapa puluh ribu lembar cetakan sudah saya hasilkan.

[caption id="attachment_325457" align="aligncenter" width="432" caption="Kamar kos saya ketika kuliah dengan printer Canon ip2770 kesayangan saya"]

14009492651540237707
14009492651540237707
[/caption]

Ketika harus melanjutkan kuliah ke Jakarta, kos-kosan saya pertama kali saya perlengkapi dengan printer Canon. Dan ternyata saya tidak salah. Printer Canon sangat membantu saya selama kuliah. Materi kuliah, tugas-tugas, semuanya terselesaikan dengan Printer Canon. Tak jarang hampir setiap hari kawan-kawan saya datang untuk menumpang nge-print.

Tak hanya di situ, ketika kuliah saya masuk organisasi jurnalistik (karena hobi tulis-menulis). Saat itu kami harus mencetak banyak buletin dan majalah kampus. Maka Printer Canon menjadi andalan kami. Dan kembali saya yang mengatur semuanya, makanya saya sangat identik dengan printer Canon, bagi kawan-kawan saya. Buletin dan majalah pun tercetak dengan  memuaskan, kembali karena keunggulan-keunggulan Printer Canon yang saya jelaskan di atas. Terima kasih printer Canon! (*)

[caption id="attachment_325458" align="aligncenter" width="448" caption="Hasil cetakan buletin kampus dengan printer Canon"]

1400949653807422610
1400949653807422610
[/caption]

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun