pendidikan. Dengan kemampuan numerasi yang baik, siswa dapat memahami, menganalisis, dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan angka dan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pembelajaran numerasi sering kali dianggap monoton dan membosankan oleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan metode yang kreatif dan menyenangkan untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar numerasi. Salah satu inovasi yang bisa diterapkan adalah melalui permainan atau games edukasi, seperti Balap Desimal dan Persen.
Balap Desimal dan Persen Numerasi merupakan salah satu kemampuan fundamental yang penting dikuasai oleh siswa dalam duniaApa Itu Balap Desimal dan Persen? Balap Desimal dan Persen adalah sebuah permainan edukasi yang dirancang untuk melatih kemampuan siswa dalam memahami konsep desimal dan persen. Permainan ini menggabungkan elemen kompetisi dan strategi, sehingga siswa dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Dalam permainan ini, siswa akan berlomba untuk menyelesaikan soal-soal desimal dan persen dengan cepat dan tepat, layaknya sebuah balapan.
Â
Tujuan Pembelajaran Permainan Balap Desimal dan Persen memiliki beberapa tujuan pembelajaran, antara lain: Melatih siswa untuk mengonversi bilangan desimal ke persen dan sebaliknya. Meningkatkan kecepatan dan ketepatan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Membiasakan siswa berpikir logis dan kritis dalam menyelesaikan masalah numerasi. Membantu siswa memahami konsep desimal dan persen secara kontekstual.
Cara Bermain Balap Desimal dan Persen Persiapan: Siapkan papan permainan berupa kertas untuk menempelkan kotak soal yang dibuat menjadi beberapa lembar sesuai banyak kelompok (misalnya, 8 kotak soal). Sediakan kotak soal yang berisi pertanyaan tentang desimal dan persen. Setiap kelompok memerlukan spidol untuk menulis jawaban di lembar soal yg sudah di tempel dipapan.
Aturan Permainan: Pemain dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai jumlah peserta. Setiap pemain secara bergiliran maju menjawab soal. Lembar soal berisi pertanyaan seperti: "Ubah 0,75 menjadi persen." "Berapa desimal dari 35%?". Jika ada pemain yang menjawab salah, pemain selanjutnya boleh memperbaiki jawaban dengan benar. kelompok pertama yang menyelesaikan dengan tepat dan cepat adalah pemenangnya. Kemudian pemenangnya mendapatkan reward agar pada saat games selanjutnya kelompok lain lebih bersemangat memenangkan games tersebut.
Manfaat Permainan Balap Desimal dan Persen Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi siswa, di antaranya:
 Meningkatkan Pemahaman Konsep: Dengan bermain, siswa lebih mudah memahami konsep desimal dan persen dibandingkan hanya belajar secara teoritis. Mengembangkan Kompetensi Numerasi: Permainan ini membantu siswa meningkatkan kemampuan numerasi mereka secara bertahap.Â
Membangun Kerja Sama dan Kompetisi Sehat: Jika dimainkan secara berkelompok, siswa dapat belajar bekerja sama sekaligus bersaing secara sportif.Â