Social-Emotional Learning (SEL) dan CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning)
A. Social-Emotional Learning (SEL)
Social-Emotional Learning (SEL) adalah proses pengembangan keterampilan sosial dan emosional yang penting untuk keberhasilan individu dalam kehidupan, pendidikan, dan pekerjaan. SEL membantu individu mengelola emosi, mencapai tujuan positif, menunjukkan empati terhadap orang lain, membangun dan menjaga hubungan positif, serta membuat keputusan yang bertanggung jawab.
1. Komponen Utama SEL
Menurut Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL), SEL terdiri dari lima kompetensi inti:
Kesadaran Diri (Self-Awareness): Kemampuan untuk mengenali emosi, pikiran, dan pengaruhnya terhadap perilaku. Ini termasuk memahami kekuatan dan kelemahan pribadi.
Pengelolaan Diri (Self-Management): Kemampuan untuk mengatur emosi, pikiran, dan perilaku dalam situasi yang berbeda, termasuk mengelola stres dan motivasi diri.
Kesadaran Sosial (Social Awareness): Kemampuan untuk memahami dan berempati dengan orang lain, termasuk yang berasal dari latar belakang dan budaya yang berbeda.
Keterampilan Hubungan (Relationship Skills): Kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang sehat dan saling mendukung, serta kemampuan untuk bekerja sama dalam tim.
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab (Responsible Decision-Making): Kemampuan untuk membuat pilihan yang konstruktif dan menghormati diri sendiri serta orang lain dalam berbagai situasi.
2. Manfaat SEL