Setelah 2 tahun pandemi berlalu dan kini kita berada dimana kita harus bangkit menuju realitas yang ada dan mengembalikan yang tertinggal. UMKM yang biasanya berjalan secara offline atau secara fisik itu nyata, kini harus dipaksa berubah semenjak pandemi berlangsung. UMKM ini bisa berhenti ataupun berubah menjadi hal yang baru. Kini UMKM Go Online hadir menemani orang-orang yang memiliki usaha untuk bisa dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia.
Program UMKM Go Online merupakan program pemerintah yang akan memberikan fasilitas berupa adopsi digital yang bertujuan memperluas akses pemasaran. Seperti yang sudah terlaksana pada bulan Oktober hingga November lalu, UMKM Go Online melakukan event Virtual Expo 2022 yang di adakan oleh Kominfo. Dalam pameran tersebut mereka memasarkan produk 100 UMKM unggulan yang mana dapat membantu UMKM yang sempat berhenti akibat pandemi dan hambatan lainnya.Â
UMKM Expo ini sudah menjadi acara tahunan yang diadakan Kementrian Komunikasi dan Informasi. Dalam website mereka, virtualexpokominfo.go.id mereka memasukkan berbagai UMKM unggulan yang dapat kita akses dan kita lihat-lihat. Kita bisa mengunjungi website tersebut untuk mendukung dan mencari produk lokal yang berkualitas. Mulai dari makanan, furniture, hingga tas dan pernak pernik lainnya. Meskipun demikian, UMKM Go Online yang mengandalkan pemasaran digital ini juga memiliki masalah atau hambatan yang menggangu proses pemasaran produk UMKM tersebut.Â
Dari masalah teknologi, terkadang di jaman yang semua sudah melek akan teknologi seperti gadget, ternyata masih banyak juga yang belum paham dan tidak mau mengerti akan perkembangan digital ini. Misal ada usaha yang melakukan UMKM tetapi dia tidak update mengenai apa saja yang harus dilakukan selanjutnya untuk mengembangkan usaha. UMKM juga melakukan pelatihan khusus dan pendampingan berkelanjutan, tetapi kegiatan tersebut tidak diikuti oleh beberapa pelaku UMKM, dikarenakan mereka hanya berharap usahanya laku tanpa mengetahui perkembangan usahanya secara online. Hal tersebut perlu menjadi perhatian UMKM Go Online untuk terus diadakannya pemantauan agar semua UMKM berjalan lancar.Â
Banyaknya pengguna e-commerce sebagai konsumen ataupun produsen tersebut dapat menjadi gambaran kita yang ingin menjadi pelaku UMKM secara online. Mayoritas konsumen yang berada di usia produktif jarang kesulitan dalam mengoperasikan teknologi khususnya untuk UMKM Go Online ini. Justru ini menjadi ladang bagi mereka yang sudah berada di ranah yang serba digital ini. Sehingga mereka para konsumen dapat menemukan UMKM Go Online ini dengan mudah di website ataupun sosial media. Hal itu juga berlaku pada pelaku UMKM, sekarang rata-rata dari mereka adalah yang berada di usia yang pahm teknologi digital dan memang mengarah pada entrepreneurs digital. Dengan demikian, UMKM Go Online ini sangat bisa di andalkan bagi entrepreneur masa kini!
Azzahra Dyan Nur Fadillah
2010202144
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H