Malang, Jawa Timur. Mahasiswa Profesi Pendidikan Guru (PPG) berperan penting dalam mendukung, menerapkan, dan mencapai sustainable education dalam berbagai bidang keilmuan. Mahasiswa PPG sebagai calon guru merupakan fasilitator yang dapat membentuk enviromental perception dan enviromental behavior siswa sebagai upaya mewujudkan sustainable education. Pemahaman mahasiswa PPG yang kuat tentang lingkungan dan sistem ekologi berpengaruh positif terhadap sikap dan nilai dalam keberlanjutan serta konservasi lingkungan.
Latar belakang ini menggerakkan tim peneliti Geografi Universitas Negeri Malang dalam melakukan penelitian dengan tema "Pengaruh Project-Based Learning terhadap Literasi Lingkungan bagi Mahasiswa PPG". Penelitian ini dipimpin oleh Alfyananda Kurnia Putra, S.Pd., M.Pd., dengan anggota Bayu Kurniawan, S.Pd, M.Pd dan Prof. Dr.Sumarmi, M.Pd, serta mahasiswa PPG. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan pembelajarn project-based learning dalam meningkatkan literasi lingkungan, yang sejalan dengan upaya global menuju pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). SDGs yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu pada tujuan 4 tentang pendidikan berkualitas dan tujuan 13 tentang penangan perubahan iklim.
Penelitian ini melibatkan kelompok mahasiswa PPG aktif di program studi IPS. Dalam rangkaian kegiatan penelitian, mahasiswa berpartisipasi dalam pembelajaran project-based learning yang menekankan pada isu-isu lingkungan disekitar mereka. Sebagai bagian dari penelitian, mahasiswa diminta untuk mempresentasikan hasil proyek yang telah dilakukan, seperti studi kasus tentang permasalahan lingkungan di sekolah penempatan, dan memberikan solusi inovatif dan kreatif yang telah dikembangkan.
Peneliti berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan ini, dengan membimbing mahasiswa dalam mengintegrasikan literasi lingkungan dalam pembelajaran sehari-hari. Peneliti menjelaskan bagaimana project-based learning dapat memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan bermakna, serta mendorong mahasiswa untuk kritis dalam menghadapi isu lingkungan.
Penelitian ini mencerminkan komitmen Universitas Negeri Malang terhadap pencapaian SDGs melalui inovasi dalam pendidikan. Melalui pendekatan yang holistik dan berbasis proyek, UM berkontribusi untuk menciptakan generasi pendidik yang sadar dan peduli terhadap keberlanjutan dan mampu menerapkan pengetahuan mereka tentang lignkungan, sesuai dengan tujuan 4 dan tujuan 13 dalam SDGs. Penelitian ini juga dapat memberikan inspirasi terhadap institusi lain untuk mengadopsi penelitian serupa dalam mendukung SDGs.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H