Perkembangan teknologi memberikan pengaruh signifikan terhadap berbagai kehidupan manusia, salah satunya dalam aktivitas pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, seperti media pembelajaran atau alat evaluasi, telah banyak digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, teknologi juga dapat berpengaruh positif terhadap daya tangkap dan daya ingat siswa, dengan memberikan pengalaman belajar yang bermakna.
Perkembangan teknologi ini dimanfaatkan oleh Tim Peneliti Departemen Geografi Universitas Negeri Malang, yang diketuai oleh Alfyananda Kurnia Putra, S.Pd., M.Pd., Dr. Dicky Arinta, S.Pd., M.Pd., Wahyu Nur Hidayat, M.Pd., dan mahasiswa Departemen Geografi mengembangkan "Geopoly Board", gamifikasi pada materi Lapisan Bumi dan Pergeseran Benua.
Geopoly Board di desain seperti permainan monopoly, yang terdiri dari empat siswa. Setiap siswa melemparkan dadu dan karakter akan bergerak sesuai jumlah dadu yang diperoleh. Terdapat pertanyaan pada setiap kotak, dan siswa memperoleh poin jika menjawab dengan benar. Jenis pertanyaan dalam Geopoly Board yaitu answer me, match me, smart card, challenge time, riddle time, change card, arrange me, true/false, choose me, dan you always right.
Elemen gamifikasi pada Geopoly Board dapat memberikan pembelajaran yang menarik kepada siswa, sehingga berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Tantangan dengan teman sebaya untuk memperoleh poin tertinggi dapat memicu siswa untuk mempelajari materi lebih mendalam. Selain itu, siswa juga dapat mempelajari materi secara bersama, dengan menyimak jawaban siswa lainnya.
Geopoly Board merupakan gamifikasi yang cukup ringan untuk dijalankan di berbagai perangkat android. User interface juga cukup sederhana sehingga mudah dipahami oleh siswa. Gameplay yang familiar mempermudah pemahaman siswa dalam menjalankan permainan. Walaupun demikian, Geopoly Board memiliki fitur petunjuk, untuk menjelaskan fitur secara menyeluruh.
Pengembangan Geopoly Board juga mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu pada point SDGs 4 tentang Pendidikan Berkualitas (quality education). Geopoly Board dapat mendukung dan meningkatkan proses pembelajaran yang berkualitas, dengan menyediakan alat evaluasi yang menyenangkan. Geopoly Board dapat menghilangkan stigma negatif tentang alat evaluasi, yang cenderung menyeramkan, kaku, dan sulit bagi siswa.