Mohon tunggu...
Handika Prayudisti
Handika Prayudisti Mohon Tunggu... -

masih menempuh bangku kuliah FT UNY ^^V

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Memori

24 Mei 2011   14:20 Diperbarui: 26 Juni 2015   05:17 465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pengertian memori

Aktifitas kita setiap hari senantiasa berkaitan dengan aktivitas hari sebelumnya. Berbagai informasi kita terima senantiasa bertambah. Upaya untuk memunculkan kembali informasi yang sudah kita terima senantiasa terkait dengan kerja memori dalam otak.

Memori merupakan aktivitas yang berhubungan dengan masa lalu (walgito, 1997). Para ahli pada umumnya memandang memori dalam tiga tahapan atau proses, yaitu memasukan pesan dalam ingatan, menyimpan pesan yang sudah masuk atau storage, dan memunculkan kembali informasi tersebut atau retrieval (atkinson, dkk 1997). Dengan demikian memori sering didefinisikan sebagai kemampuan untuk memasukkan, menyimpan dan memunculkan kembali informasi yang kita terima. Kemampuan unntuk memasukkan informasi sering disebut juga dengan mencamkan, encoding atau learning. Terkait dengan upaya memunculkan kembali informasi yang sudah di terima dibedakanmenjadi recall dan recognize. Recall merupakan upaya memunculkan kembali informasi yang sudah diterima tanpa diberikan stimulus yang membantu, misalnya siswa mengerjakan soal essay atau mennjawab pertanyaan isian. Sedangkan recognize merupakan upaya memunculkan kembali informasi yang sudah diterima dengan bantuan informasi yang tersedia, misalnya mengerjakan pilihan ganda, benar salah maupun menjodohkan.

Macam macam memori

a.Memori jangka pendek

Memori jangka panjang disebut juga immediate memory atau short term memory. Rentang waktu informasi dalam memori ini antara bentang waktu 15-30 detik. Contoh memori ini adalah menghafal nomor telepon atau nomor plat nomor.

Rata-rata orang mampu menghafalkkan nomor telepon antara 5-9 digit dan akan mengalami kesulitan jika menghafal lebih dari 9 digit. Salah satu upaya untuk mempermudah proses penyimpanan informasi adalah dengan menggolong-golongkan digit yang terlalu panjang, misalnya digit 081223487698. Dua belas angka digit tersebut digolongkan menjadi 081 223 487 698. Dua belas digit angka tersebut karena digolongkan bisa dikatakan menjadi empat digit.

b.Memori kerja

Memory kerja atau working memory merupakan memori yang dapat menyimpan informasi dari beberapa menit hingga beberapa jam dan memberi waktu yang cukup untuk secara sadar memproses, melakukan refleksi, dan melaksanaka suatu kegiatan berfikir (gunawan, A. W,2003). Untuk yang masuk dalam memory kerja juga memungkinkan untuk masukk kedalam memory jangka panjang jika informasi tersebut bermakna dan sering di ulang. Contoh memory ini adalah apabila siswa melakukan belajar dengan sistem kebut semalam. Informasi yang masuk dalam memori ini dapat bertahan dalam jangka cukup lama, namun karena informasi tersebut kadang tidak berarti bagi siswa, maka cenderung hilang apabila sudah tidak digunakan.

c.Memori jangka panjang

Memori jangka panjang atau long term memory merupakan kemampuan menyimpan informasi yang cenderung menetap atau permanen. Informasi dalam memori ini dapat bertahan dalam bulan, tahun bahkan seumur hidup. Beberapa faktor yang mempengaruhi adalah :

1.Informasi yang berhubungan dengan keselamatan hidup

2.Informasi yang membangkitkan emosi

3.Informasi yang masuk akal dan berarti

dikutip dari " psikologi pendidikan, sugihartono,dkk"

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun