Mohon tunggu...
Inovasi

Apa Saja Sih Peranan Advertising Agency?

30 Agustus 2017   17:10 Diperbarui: 30 Agustus 2017   17:49 2962
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Advertising  agency atau agen periklanan memiliki fungsi penting dalam perkembangan  sebuah bisnis. Seperti yang telah kita ketahui bahwa sebuah bisnis  memerlukan strategi pemasaran yang handal agar dapat bersaing dan  diminati oleh para konsumen. Periklanan adalah salah satu upaya yang  bisa dilakukan di dalam menjalankan strategi marketing. 

Semua perusahaan  menggunakan upaya ini untuk memperkenalkan diri mereka ataupun produk  yang berusaha mereka jual ke pasaran. Hanya saja, teknik yang digunakan  berbeda-beda karena di dalam periklanan sendiri juga ada berbagai macam  strategi agar iklan yang ditayangkan bisa berfungsi efektif untuk  mendukung program pemasaran yang dilakukan. Di sinilah peran penting  agen periklanan, yakni untuk merancang sebuah konsep iklan yang tepat  bagi perusahaan kita sehingga proses pemasaran menjadi lancar.

Agen Periklanan yang Handal

Ada cukup banyak advertising agency Jakarta yang bisa kita temukan saat ini. Seperti layaknya perusahaan yang  dengan sengit bersaing dengan perusahaan yang lain dalam memenangkan  hati konsumen, para agen periklanan juga senantiasa bersaing untuk  mendapatkan klien. Kita harus memahami bahwa tidak semua agen periklanan  memiliki kualitas penyediaan jasa layanan periklanan yang sama. Kita  harus jeli dalam memilih agen mana yang akan kita ajak bekerja sama,  karena hal ini nantinya akan berpengaruh cukup besar terhadap  keberhasilan proses pemasaran yang kita lakukan. Jika kita salah dalam  memilih partner yang tepat, maka bukan tidak mungkin perusahaan pesaing  kita akan lebih berhasil dalam upaya pemasarannya karena memilih agen  yang lebih handal.

Fungsi Penting Agen Periklanan

Yang  menjadikan agen periklanan menjadi sangat penting yaitu fungsi mereka  sebagai salah satu pelaksana elemen bisnis yang juga sangat penting,  yakni strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang jitu adalah salah satu  poin penting yang paling dibutuhkan oleh semua pelaku usaha, baik  perusahaan kelas kecil, kelas menengah, maupun yang kelas besar  sekalipun. Mereka bertugas sebagai mitra perusahaan dalam merencanakan  dan juga menjalankan strategi bisnis yang paling sesuai untuk perusahaan  tersebut. 

Seperti yang kita ketahui bahwa jumlah konsumen yang berhasil  dijaring lewat strategi pemasaran tersebut menjadi indikasi kesuksesan  strategi tersebut. Dari situlah kualitas agen tersebut bisa kita lihat,  dan bekerja sama dengan agen yang berkualitas merupakan kunci dari  kesuksesan perusahaan kita.

Advertising agency terkadang juga  bekerjasama dengan sebuah surat kabar. Hal ini sangat membantu pihak  surat kabar mempermudah menghandle iklan-iklan yang masuk. Namun, bagi  pihak advertising agency ini hanya sebuah sidejob.

Jasa lain yang  diberikan advertising agency adalah sebagai penyedia properti. Misalnya  pada acara pameran komputer atau perumahan. Pihak advertising agency  menyediakan media sarana yang dibutuhkan dalam pameran seperti display,  stand pameran, dan lain-lain.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun