Penerapan Business Intelligence dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk perusahaan, dengan memanfaatkan situs jejaring sosial.
BAB I. PENDAHULUAN
1.1LATAR BELAKANG DAN RUMUSAN MASALAH
Pemasaran merupakan aktivitas kunci di perusahaan dalam usaha untuk mewujudkan tujuan perusahaan yaitu mendapat keuntungan. Akan tetapi, pemasaran akan menjadi tidak berguna jika kita melakukan strategi pemasaran dengan tidak tepat. Pemasaran dilakukan di tempat yang salah, subjek yang dituju salah, dan lain sebagainya.
a.Bagaimana mendapatkan informasi mengenai pelanggan yang akurat?
b.Bagaimana memperoleh informasi dengan cepat dan tepat?
c.Bagaimana menganalisa data yang sudah diperoleh?
d.Bagaimana menghasilkan sebuah keputusan yang tepat berdasarkan informasi yang sudah didapat?
1.2RUANG LINGKUP KAJIAN
Masalah mengenai aktivitas pemasaran sangatlah kompleks. Agar pembahasan lebih terarah, karya tulis ini hanya membahas mengenai strategi pemasaran yang akan diambil. Perusahaan yang dicakup juga dibatasi hanya perusahaan yang bergerak di bidang fashion/pakaian.
1.3TUJUAN PENULISAN
Agar objektif utama perusahaan tercapai, yaitu memperoleh keuntungan sebesar-sebesarnya, maka strategi pemasaran yang diambil haruslah tepat. Karya tulis ini disusun dengan tujuanuntuk memperoleh gambaran yang memadai tentang bagaimana menerapkan bisnis intelegence dalam menentukan strategi pemasaran di suatu perusahaan fashion.
1.4CARA MEMPEROLEH DATA
Data yang dikemukakan dalam karya tulis ini diperoleh melalui membaca buku dan literatur yang ada hubungannya dengan strategi pemasaran, bisnis intelegence dan literatur lainnya. Disamping itu, data juga diperoleh dengan melakukan browsing di internet.
1.5SISTEMATIKA PEMBAHASAN
Karya tulis disusun dengan urutan sebagai berikut.
Bab I Pendahuluan, menjelaskan latar belakang dan rumusan masalah, tujuan, ruang lingkup, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
Bab II Pembahasan, mengemukakan pembahasan masalah berdasarkan data yang diperoleh dibandingkan dengan teori yang terdapat pada berbagai sumber.
Bab III Penutup, memuat mengenai simpulan dan saran
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Strategi Pemasaran : segmentasi pasar, target pasar, penempatan posisi.
SegmentasiPasar
Membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang terpisah.
Penetapan Target Pasar.
Proses mengevaluasi daya tarik tiap-tiap segmen dan memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki.
Penempatan posisi
Mengatur produk supaya dapat menempati posisi pada benak konsumen yang jelas, khas, dan diinginkan secara relatif terhadap produk pesaing.
1.Mengenali basis yang digunakan
Segmwntasi Pasar
2.Menyusun Profil-profil segmen
3. Mengevaluasi daya tarik masing-masing Segmen.
Penetapan Target Pasar
4.Memilih segmen sasaran
5. Menyusun penempatan segmen-segmen yang ditargetkan.
Penempatan Posisi di Pasar