Mohon tunggu...
Diffa AlfiaAzzahra
Diffa AlfiaAzzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Digitalisasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah di Kelurahan Karanganyar, Subang

4 Agustus 2022   12:03 Diperbarui: 4 Agustus 2022   13:27 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Pendidikan Indonesia dilaksanakan secara daring dengan tema yang beragam. Sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar melakukan kegiatan KKN dengan tema Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata. Kegiatan KKN ini dilaksankan dari tanggal 11 Juli hingga 10 Agustus untuk melaksanakan program kerja yang telah dibuat sesuai dengan tema.

Kegiatan KKN ini dimulai dengan melakukan survey dan observasi untuk mencari UMKM di lingkungan sekitar, lalu membuat surat-surat perijinan untuk diserahkan kepada pihak kelurahan dan kampus, selanjutkan membuat program  kerja sesuai dengan  tema dan kebutuhan pelaku UMKM yang telah dipilih, lalu menjalankan program-program tersebut hingga tuntas.

Beberapa program kerja telah dilakukan salah satunya yaitu digitalisasi pemasaran produk. Sasaran kegiatan ini yaitu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah rumahan yang membutuhan bantuan berupa pendigitalisasian pemasaran produknya. Dengan membantu memasarkan produk di beberapa sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok, dan WhatsApp.

UMKM yang menjadi sasaran  dalam kegiatan ini yaitu Rempeyek D&F, yang berlokasi di Kelurahan Karanganyar, Subang. Usaha rumahan ini menjual beberapa makanan khas Jawa Barat, seperti rempeyek, kembang goyang, rengginang, opak, dan kerupuk Cianjur. UMKM ini masih berjalan secara kecil-kecilan dan tersebar hanya melalui mulut ke mulut. Hal itu yang menjadi alasan dalam memilih program kerja digitalisasi UMKM ini.

Digitalisasi ini sudah digalakan dengan membuat beberapa akun media sosial untuk memperluas pemasaran. Akun Instagram @rempeyekdnf  yang kini sudah memiliki pengikut lebih dari 1000 telah aktif di Instagram, untuk media sosial lainnya masih dalam proses pengembangan. Dalam pemasaran berbasis digital ini kami membuat beberapa video atau foto produk dan testimoni untuk diposting di media sosial.

Testimoni/ dok. pribadi
Testimoni/ dok. pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun