Mohon tunggu...
Didik Setiawan
Didik Setiawan Mohon Tunggu... Guru - guru

sekolah dasar (SD)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Motivasi Mengikuti Diklat Online di Komunitas Guru Indonesia

18 Oktober 2019   07:03 Diperbarui: 18 Oktober 2019   07:12 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Teknologi dan informasi (TI) berkembang sangat cepat. Hal ini didukung adanya internet dan gadget. Dari anak - anak sampai kakek -- kakek menggunakan sarana ini dalam kesehariannya. Ada yang memanfaatkannya untuk komunikasi, bisnis maupun hiburan. 

Tidak ketinggalan, dunia pendidikan juga ikut terkena imbasnya. Guru harus melek teknologi untuk menunjang tugas dan fungsinya. Sedangkan siswa harus siap untuk menerima perkembangan ini untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Oleh karena itu saya termotivasi untuk mengikuti diklat online ini.

Saya mengajar di SDN 1 Bruno, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo. Jarak sekolah dengan tempat tinggal saya yang berada di dekat kota kabupaten sekitar 34 km. Dimana kondisi masyarakat tempat saya mengajar adalah masyarakat pedesaan yang jauh dari kota. 

Dengan kondisi seperti ini saya tergugah untuk memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Terlebih revolusi industri 4.0 sekarang ini menuntut masyarakat untuk melek teknologi dan memanfaatkannya dengan bijak. Dengan mengikuti diklat ini saya berharap bisa membuat animasi -- animasi pembelajaran yang menarik yang dapat memotivasi anak untuk belajar.

Sehingga anak tertarik untuk menggunakan IT dan memanfaatkannya dengan bijak. Supaya anak -- anak usia sekolah tidak menggunakan gadget/internet hanya untuk bermain'game'. 

Saya juga berharap bisa membagikan ilmu yang saya peroleh dari diklat ini kepada teman -- teman guru di daerah saya mengajar. Semakin banyak guru yang menguasai teknologi kekinian diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk menghadapi zamannya.

Kesan yang saya tangkap ketika melihat poster diklat ini di FB adalah ini pasti menarik. Hal ini terbukti pada hari pertama saya mengikuti diklat ini langsung disuguhi ilmu -- ilmu baru bagi saya. 

Walaupun sedikit ketinggalan karena belum terbiasa saya akan jalani dengan penuh semangat. Mohon bimbingan dari instruktur dan juga teman -- teman diklat yang sudah lebih mahir.

Purworejo, 17 Oktober 2019

Penulis

Didik Setiawan, S.Pd.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun