Mohon tunggu...
Didik Djunaedi
Didik Djunaedi Mohon Tunggu... Editor - Penulis, Editor dan Penikmat Hiburan

Editor, penulis, dan penikmat hiburan

Selanjutnya

Tutup

Money

Apple Jadi Merk Paling Berharga di Dunia

30 September 2013   22:06 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:10 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_269455" align="aligncenter" width="617" caption="Apple Jadi Merk Paling Berharga di Dunia (Sumber: wikipedia)"][/caption] Apple tahun ini dinyatakan sebagai merk paling berharga di dunia, demikian seperti yang dilaporkan New York Times baru-baru ini. Tiap hari mau tidak mau kita disuguhi berbagai merk produk. Bahkan sejak bangun tidur hingga kembali lagi ke peraduan merk atau brand tertentu ada di sekeliling kita. Ketika kita menyebut satu brand pikiran kita akan langsung terasosiasi dengan produk tertentu beserta citra yang dimiliki oleh produk tersebut. Katakanlah ketika seseorang menyebut "Coca Cola", kita akan langsung membayangkan produk minuman segar yang sering kita lihat iklannya di televisi maupun di poster-poster di pinggir jalan. Kebetulan Coca-Cola adalah merk atau brand yang  selama beberapa tahun terakhir menjadi brand terkemuka atau paling berharga di dunia. Akan tetapi, sayang sekali Coca-Cola tahun ini harus tergeser ke tempat ketiga menurut survei sebuah perusahaan konsultan merk dan identitas Interbrand. Perusahaan yang dimiliki oleh Omnicom Group sejak tahun 2000 melakukan kompilasi berbagai merk dan membuat list bertajuk Best Global Brands. Tahun 2013 ini Interbrand menobatkan Apple sebagai The Most Valuable Brand, menggusur Coca-Cola yang selama 13 tahun bercokol di tempat teratas. Posisi Apple  naik setelah tahun lalu berada di posisi kedua yang melonjak pesat dari tahun 2011 di posisi ke-8. Prestasi Apple memuncaki daftar brand terbaik ini hanya masalah waktu, ujar Jez Frampton, global chief executive Interbrand. "Meskipun Coca-Cola tidak diragukan lagi sebagai pemasar brand terbaik dan efisien," tambah Frampton, "Apple dan beberapa brand teknologi lain telah menjadi poster child yang tepat dari komunitas pemasaran." Ucapan Frampton tersebut memang cocok dengan banyaknya brand perusahaan teknologi mendominasi daftar 10 teratas. Di tempat kedua ada Google yang tahun lalu berada di posisi keempat. Lalu ada IBM yang merosot di posisi ke-4 setelah sebelumnya berada di posisi ke-3. Sementara itu Microsoft masih tetap berada di posisi ke-5. Samsung kali ini juga naik di posisi ke-8, sebelumnya di posisi ke-9. Nilai brand Apple menurut Interbrand tahun ini naik 28% menjadi $98,3 miliar dan Coca-Cola sebetulnya juga naik 2% jadi $79,2 miliar, tetapi tidak cukup untuk menjadikannya juara kembali yang ke-14 kalinya. BlackBerry yang tahun sebelumnya berada di posisi 93 setelah anjlok dari posisi 56 pada tahun 2011 kali ini hilang dari daftar. Nasib Nokia agak lebih baik, setidaknya masih ada di daftar walau berada di peringkat ke-57, sebelumnya berada di posisi ke-19. Daftar selengkapnya:

13805530771890097567
13805530771890097567
Sumber: New York Times Interbrand

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun