Mohon tunggu...
Didiek Hartantyo
Didiek Hartantyo Mohon Tunggu... Bankir - Direktur Utama KAI (2020-2024)

Direktur Utama KAI (2020-2024)

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Cerita di Balik Lonjakan Penumpang KAI pada Malam Pergantian Tahun

16 Januari 2025   21:37 Diperbarui: 16 Januari 2025   21:37 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ada perasaan berbeda begitu saya melewati malam pergantian tahun dengan mengelilingi beberapa stasiun kereta commuterline dan LRT. Melihat wajah lelah tapi bahagia terpancar dari para penumpang yang akan pulang ke rumah masing-masing menggunakan kereta. Liburan naik kereta bersama keluarga adalah kebahagiaan sederhana yang bisa dirasakan siapa saja. Pemandangan yang jarang kita lihat karena biasanya hanya terjadi di beberapa momen saja, salah satunya ada momen malam pergantian tahun. 

KAI Group mencatatkan lonjakan luar biasa dalam layanan transportasi selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Terutama pada malam pergantian tahun (31 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025), tiga moda transportasi utama yaitu LRT Jabodebek, Commuter Line, dan LRT Sumsel berhasil mencapai rekor jumlah penumpang tertinggi pada malam pergantian tahun tersebut dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

LRT Jabodebek tercatat melayani 156.490 pengguna dalam dua hari, yaitu pada 31 Desember 2024 dan 1 Januari 2025. Commuter Line juga mengalami lonjakan signifikan dengan total penumpang mencapai 2.317.989 pengguna selama dua hari tersebut, sementara LRT Sumsel melayani 59.398 pengguna. Peningkatan ini menunjukkan semakin tingginya minat masyarakat terhadap moda transportasi massal yang aman dan efisien di daerah Jabodebek dan Sumsel untuk bepergian dengan moda transportasi kereta karena bebas macet.

LRT tengah berhenti dan bersiap lepas landas dari stasiun (Dokumentasi KAI) 
LRT tengah berhenti dan bersiap lepas landas dari stasiun (Dokumentasi KAI) 

Lonjakan ketiga moda transportasi tersebut dikarenakan KAI bekerja sama dengan DJKA Kemenhub memperpanjang jam operasionalnya hingga 24 jam pada malam pergantian tahun. Langkah ini diambil untuk memberikan kenyamanan dan aksesibilitas transportasi bagi masyarakat yang membutuhkan sarana transportasi yang aman dan mudah di malam hari.

Selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 dari 19 Desember 2024 hingga 4 Januari 2025 Pukul 06.00, KAI Group berhasil melayani total 22.924.407 penumpang di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Pencapaian ini mencakup layanan dari berbagai moda transportasi, yaitu KAI Induk (3.295.888 penumpang), KA Makassar-Parepare (10.445 penumpang), LRT Sumsel (279.400 penumpang), KAI Commuter (17.418.341 penumpang), KAI Bandara (343.205 penumpang), KAI Wisata (12.189 penumpang), KCIC (331.854 penumpang), dan LRT Jabodebek (1.067.530 penumpang).

Angka tersebut tentunya menjadi gambaran bahwa kereta api saat ini semakin aman, nyaman, dan terintegrasi untuk mendukung mobilitas masyarakat selama masa liburan. Pada 19 Desember 2024 hingga 4 Januari 2025, tiket yang terjual untuk KA Jarak Jauh (KA JJ) dan KA Lokal mencapai 3.600.905 tiket, dengan rincian 2.924.767 tiket KA Jarak Jauh atau 106% dari kapasitas yang disediakan dan 676.138 tiket KA Lokal atau 84% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Siapa yang pernah naik LRT Palembang seperti yang terlihat pada gambar di atas? (Dokumentasi KAI) 
Siapa yang pernah naik LRT Palembang seperti yang terlihat pada gambar di atas? (Dokumentasi KAI) 

KAI Group akan terus mengembangkan pentingnya integrasi antar moda transportasi dalam mendorong lonjakan pengguna. Contohnya seperti LRT Jabodebek yang terintegrasi, tentunya akan memudahkan masyarakat untuk berpindah dari satu moda ke moda lainnya, seperti Commuter Line, MRT Jakarta, KA Bandara, Transjakarta, hingga layanan kereta cepat Whoosh. Keterhubungan ini memberikan kenyamanan dan efisiensi bagi pengguna dalam merencanakan perjalanan.

Selain itu, KAI Group juga terus berupaya menjaga kualitas layanan, mulai dari kenyamanan, ketepatan waktu, hingga inovasi teknologi untuk meningkatkan pengalaman perjalanan bagi masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun