Mohon tunggu...
Dicky Prastya
Dicky Prastya Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Bank Mandiri Resmikan Fitur Chatbot MITA

24 Maret 2018   11:31 Diperbarui: 24 Maret 2018   11:40 665
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kabar gembira untuk kamu para nasabah Bank Mandiri. Sekarang kamu mendapatkan pelayanan baru yang terdapat di website Bank Mandiri loh!  Ya, nama fitur baru yang terdapat di website tersebut adalah MITA, yang merupakan akronim dari Mandiri Intelligence Assistant.MITA sendiri merupakan layanan chatbot yang berfungsi untuk melayani para nasabah dalam mencari informasi. Nantinya, para nasabah bisa langsung menanyakan beberapa informasi yang sekiranya belum diketahui. Sebelum melanjutkan ke #SaatnyaTanyaMita, lebih baik kamu harus mengetahui penyebab dari adanya layanan ini.

DIlansir dari Kompas,layanan MITA ini berhasil diluncurkan pada Kamis, 15 Maret lalu. Layanan Chatbot MITA diresmikan oleh Direktur Operations Bank Mandiri Ogi Prastomiyono dan Direktur Digital Banking dan Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans lewat konfrensi pers di Plaza Mandiri Jakarta. Layanan MITA sendiri merupakan Chatbot untuk mempermudah para nasabah Bank Mandiri dalam mencari info. Selain itu, MITA sebagai costumer service virtualjuga mampu melayani nasabah selama 7 x 24 jam loh!

Direktur Operations Bank Mandiri Ogi Prastomiyono mengatakan, fitur chatbot MITA ini menjadi salah satu langkah transformatif Bank Mandiri dalam memberikan layanan yang lebih efektif, efisien, dan memprioritaskan kepada para nasabah Bank Mandiri.

Ogi Prastomiyono melanjutkan, pihak Bank Mandiri bisa membantu para perseroan dalam memenangkan persaingan di industri keuangan yang ada di Indonesia. "Alasannya, layanan chatbot seperti MITA ini bisa memberikan kemudahan akses kepada para nasabah Bank Mandiri," ujar Ogi.

Dalam konferensi pers Ogi menuturkan, peluncuran fitur chatbot customer service virtual MITA merupakan bentuk adaptasi perseroan terhadap perkembangan kebutuhan dan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Pengamatannya didasarkan pada pelayanan pihak Bank Mandiri kepada para nasabah melalui layanan digital, seperti email dan akun media sosial Bank Mandiri. Pada tahun 2017 lalu, interaksi para nasabah lewat layanan contact digitalBank Mandiri mencapai 10% dari total interaksi ke contact center.

Pelayanan melalui media digital Bank Mandiri ini berkembang pesat dari tahun ke tahun. Jika dibandingkan dengan pelayanan digital pada 2016 lalu, di 2017 ini interaksi yang dilakukan melalui digital meningkat hingga 40 persen. Dari rasio itu, interaksi para nasabah Bank Mandiri di layanan email maupun akun media sosial, terdapat permintaan informasi sebanyak 51 persen, permintaan bantuan sebanyak 28 persen, dan keluhan 21 persen yang dilakukan oleh para nasabah kepada pihak Bank Mandiri.

Ogi menilai, layanan lewat kanal digital semakin diminati oleh para nasabah maupun non nasabah Bank Mandiri. Pelayanan ini akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan telepon seluler yang berkembang di masyarakat. Direktur Operations Bank Mandiri ini berharap, adanya layanan chatbot seperti MITA, yang memanfaatkan metode Natural Languange Processing, bisa mempercepat dan mempermudah interaksi antara pihak nasabah dengan pihak Bank Mandiri.

Tak hanya menambah layanan chatbot MITA, pihak Bank Mandiri juga telah memperbarui tampilan wajah di website www.bankmandiri.co.id. Hal ini dilakukan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Nantinya, para nasabah Bank Mandiri bisa berinteraksi dan mencari info produk Bank Mandiri. Entah itu produk, layanan, maupun informasi yang terkait yang nantinya akan mendukung keterbukaan informasi perusahaan Bank Mandiri.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Digital Banking & Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans dalam konfrensi pers di Plaza Mandiri, Jakarta, pada Kamis 15 Maret lalu. Rico juga menambahkan, pembaruan dalam tampilan website ini dimulai dari adanya respons perseroan atas masukan nasabah, stakeholder, dan berbagai kalangan masyarakat, serta kajian dari internal perusahaan. ""Melalui pembaruan ini, kami ingin meningkatkan kualitas dan pola komunikasi perusahaan dan seluruh stakeholder, termasuk nasabah dan regulator. Kami pun terbuka atas ruang-ruang perbaikan lain guna mengembangkan website ini," ungkap Rico.

 Jadi, hal inilah yang menjadi kabar gembira untuk para nasabah Bank Mandiri. Nantinya, para nasabah akan lebih mudah dalam mencari informasi lewat #SaatnyaTanyaMITA. Layanan chatbot MITA sendiri bisa diakses lewat berbagai akun media sosial Bank Mandiri, seperti aplikasi LINE di alamat  @bankmandiri, facebook messenger di @bankmandiri dan telegram  di @bankmandiri_officialbot.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun