Semua bisnis pastinya ingin produknya laku dan sukses di pasaran. Namun, pada kenyataannya, tidak semua produk yang diluncurkan dapat langsung menjadi laris manis di pasaran.
Ada beberapa produk yang baru diluncurkan namun tidak mendapat peminat, bahkan bisa dibilang gagal. Masalah ini tentu sangat merugikan bagi bisnis, baik itu dari segi finansial maupun reputasi.
Lantas, apa yang harus dilakukan agar produk tersebut tidak gagal di pasaran?
Pertanyaan ini seringkali menjadi dilema bagi para pengusaha dan pelaku bisnis.
Apakah lebih baik menentukan target pasar terlebih dahulu sebelum membuat produk yang sesuai?
Atau justru membuat produk baru terlebih dahulu kemudian memikirkan pasar yang tepat?
Atau, apakah mungkin untuk membuat pasar sendiri, atau pasar baru, untuk produk tersebut?
Atau, biarkan produk tersebut menemukan pasarnya sendiri?
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar produk tidak gagal di pasaran.
Menentukan target pasar yang tepat
Menentukan target pasar yang tepat adalah kunci sukses dalam memasarkan produk.