Anda seorang pemimpin yang memimpin beberapa orang sebagai anggota tim Anda. Pernah dapat anggota tim yang kerjanya selalu mengeluh, mengeluh, dan mengeluh saja?
Saat rapat, saat diskusi per orang, itu-itu saja yang disampaikan. Ngga ada yang baru, tapi disampaikan seolah-olah itu adalah hal baru.
Ngga ada solusi yang dia tawarkan dalam apa yang disampaikannya. Kalau pun ada solusi, itu cuma jadi sebatas kata-kata saja tanpa ada aksi lanjutan.
Pengetahuan, kesadaran, dan pemikirannya ngga berkembang. ngga menjadi lebih maju dari waktu ke waktu.
Pernah dapat anggota tim seperti itu?
Bagaimana rasanya? Kesal? Marah? Putus asa? Kecewa? Bingung ngga tahu harus bagaimana?
Menangani anggota tim yang cuma bisa protes dan mengeluh memang susah-susah gampang. Dan seringkali memang butuh waktu dan kesabaran Anda untuk mengubahnya.
Sayangnya, itu adalah tugas Anda untuk mengubahnya sebagai seorang pemimpin di tim tersebut.
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani anggota tim seperti ini.
Minta mereka berhenti bicara
Cara pertama, tentu saja untuk meminta mereka berhenti bicara.