PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI GERAK BUMI DI KELAS X SMK NEGERI 1 SANGA DESA
Disusun oleh:
DICKA ROSA AMELIA
PPG DALAM JABATAN ANGKATAN 3
UNIVERSITAS JAMBI
2023
PENDAHULUAN
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Maka dari itu di dalam proses pembelajaran harus terdapat suatu aktivitas antara guru dan peserta didik, tetapi yang terjadi selama ini adalah banyaknya aktivitas yang dilakukan guru, peserta didik tidak banyak dilibatkan langsung dalam proses pembelajaran, padahal setiap peserta didik mempunyai bakat dan kreatifitas masing -- masing. (Abd Rahman, dkk, 2022)
Hal inilah yang selama ini terjadi di SMK Negeri 1 Sanga Desa, dalam proses pembelajaran Fisika guru masih mendominasi dalam pembelajaran sehingga dari hal tersebut banyak peserta didik kurang antusias dengan proses pembelajaran Fisika yang sedang berlangsung, ditandai dengan ketika guru menjelaskan materi pembelajaran hanya sedikit siswa yang benar-benar memperhatikan. Pembelajaran yang masih konvensional ini membuat peserta didik merasa bosan karena peserta didik hanya bisa mendengar penjelasan dari guru dan mengingat apa yang di sampaikan oleh guru.
Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan pembuatan Animasi Gerak Bumi pada aplikasi Powerpoint yang dipraktikkan ini menjadi penting untuk dibagikan karena sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Fisika. Menurut Dewi Adyani (2019) menerapkan pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran, peserta didik menjadi lebih aktif karena keterlibatannya dalam pembelajaran, peserta didik juga lebih memahami materi pelajaran karena siswa dapat menemukan sendiri jawaban dari permasalahan di dalam materi yang dipelajari.