MEMAHAMI GAYA BELAJAR SEBAGAI UPAYA PENGOPTIMALAN POTENSI DAN PRESTASI SISWA
Dias Fauziana Lathifah
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
diasfauziana608@gmail.com
ABSTRAK: Gaya belajar setiap anak tentu berbeda-beda. Tidak sedikit guru dan orang tua yang belum sadar dan memahami hal tersebut. Padahal hal tersebut berdampak pada potensi dan prestasi anak. Sehingga artikel ini ingin membahas tentang gaya belajar, macam-macam gaya belajar, potensi dan prestasi anak, serta pengoptimalan potensi dan prestasi melalui pemahaman gaya belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Data yang diperoleh dihimpun, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan tentang pengoptimalan potensi dan prestasi melalui pemahaman gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar adalah cara terbaik untuk memperoleh informasi. Macam-macam gaya belajar antara lain visual, auditori, dan kinestetik. Kesadaran guru dan orang tua untuk menerapkan gaya belajar yang sesuai berpengaruh terhadap potensi dan prestasi anak.
Kata kunci: Gaya belajar, Potensi, Prestasi
PENDAHULUAN
Setiap anak di dunia dilahirkan dengan karakter dan kebiasaan yang unik. Sehingga perlu menggali lebih dalam tentang bagaimana cara mereka menyikapi sesuatu untuk mengetahui karakteristiknya, salah satunya adalah cara belajar. Saat ini, masih banyak anak yang dituntut untuk bisa menguasai berbagai bidang dan mata pelajaran di sekolah. Pemahaman yang masih sangat mengakar di masyarakat yaitu, anak yang bisa menguasai semua bidang adalah anak yang pintar dan cerdas serta berlaku sebaliknya. Chatib (2014) mengatakan bahwa penyerapan informasi seseorang tergantung bagaimana orang tersebut mengusahakannya. Dengan gaya belajar yang tepat siswa diharapkan lebih bisa memahami materi yang disampaikan. Ketika belajar di sekolah, banyak siswa yang merasa bosan dengan cara mengajar guru yang monoton. Hal tersebut bisa saja dikarenakan ketidakcocokan antara cara mengajar guru dengan gaya belajar siswa. Oleh karena itu, hal ini penting untuk diteliti dan dipahami oleh para guru agar proses pembelajaran lebih efektif dan efisien sehingga berakibat pada perkembangan potensi dan kemampuan siswa secara akademik.
METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang akan digunakan adalah studi literatur (Library Research), yaitu metode dengan mengumpulkan data dari berbagai macam literatur kemudian mempelajari dan memahami teori dan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya pada literatur tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, berupa buku dan jurnal ilmiah. Data yang diperoleh dihimpun, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan tentang pengoptimalan potensi dan prestasi melalui pemahaman gaya belajar.
HASIL DAN PEMBAHASAN