Artikel ini di tulis dalam rangka memenuhi tugas kelompok Ujian Tengah Semester (UTS) mata kuliah Manajemen Strategi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah dengan Dosen Pengampu Dr. Achmad Firdaus, M.Si.
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah dan fokus pada penyediaan layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta jaringan telekomunikasi di Indonesia. Pemerintah Republik Indonesia memiliki mayoritas saham Telkom sebesar 52,09%, sementara sisanya sekitar 47,91%, dimiliki oleh masyarakat umum. Telkom Group sedang berupaya untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital, dan untuk mencapai tujuan ini, mereka sedang menerapkan strategi bisnis dan operasional yang berfokus pada pelanggan. Transformasi ini bertujuan membuat organisasi Telkom Group menjadi lebih efisien dan responsif dalam menghadapi perubahan cepat dalam industri telekomunikasi. Diharapkan bahwa organisasi yang diperbarui ini juga akan meningkatkan cara mereka memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
Dalam proses berjalannya sebuah organisasi atau perusahaan dibutuhkan pernyataan akan jadi apa kedepannya perusahaan tersebut untuk menjamin kesuksesan jangka panjang yang biasanya disalurkan ke dalam bentuk Visi, dan alasan mengapa perusahaan tersebut ada atau berdiri yaitu dalam bentuk Misi. Untuk mencapai tujuannya menjadi perusahaan telekomunikasi digital dan efisien serta responsif, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki Visi dan Misi. Visi PT Telkom yaitu, “Menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat.” jika dilihat pada visi yang dipaparkan PT Telkom, visi tersebut menggambarkan tujuan dari perusahaan kedepannya. Kemudian dicantumkan kata-kata ‘digital telco’ yaitu menggambarkan perusahaan yang merupakan bagian dari industri telekomunikasi. Pada visi PT Telkom juga dimuat ukuran yang ingin dicapai yaitu ‘Menjadi digital telco pilihan utama’. Namun visi masih terlalu singkat karena belum memuat kapan waktu diharapkannya pencapaian dari visi perusahaan akan tercapai. Selanjutnya Misi dari PT Telkom adalah:
Mempercepat pembangunan Infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.
Mengembangkan talenta digital unggulan yang membantu mendorong kemampuan digital dan tingkat adopsi digital bangsa.
Mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman digital pelanggan terbaik.
Bahasa yang digunakan pada Misi PT Telkom merupakan bahasa yang jelas dan mudah untuk dimengerti. Misi yang dituliskan menggambarkan apa saja yang akan dicapai oleh PT Telkom di masa depan. Pernyataan misi PT Telkom tidak hanya berorientasi pada masa depan tapi juga menjelaskan apa kiat-kiat yang dilakukan PT Telkom pada masa sekarang untuk mencapai Visi dari PT Telkom.
Selain Visi dan Misi yang jelas, tentu saja sebuah perusahaan atau organisasi haruslah memiliki tujuan perusahaan agar apa saja yang harus dilakukan dan apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan utamanya yaitu mendapatkan keuntungan. Tujuan dari PT Telkom sendiri adalah “Mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing serta memberikan nilai tambah yang terbaik bagi para pemangku kepentingan”.
PT Telkom merupakan sebuah BUMN atau perusahaan yang dikelola oleh negara, tentu saja tujuannya harus berorientasi kepada memajukan bangsa Indonesia dengan keberadaannya sebagai perusahaan telekomunikasi. Dilihat dari tujuan yang dituliskan, ini adalah tujuan yang rasional dan besar kemungkinan untuk dicapai, hal ini dilihat dari PT Telkom yang menyediakan produk-produk mulai dari telpon, data, internet dan jasa multimedia lain.
PT Telkom Indonesia mempunyai tagline The World in Your Hand dan motto Selalu Ada Inovasi Untuk Indonesia. Walaupun termasuk perusahaan besar dan cukup sukses, namun, PT Telkom Indonesia juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut adalah analisi SWOT PT Telkom Indonesia.
Kekuatan :