Bagi seorang Digital Marketer, pasti sudah tak asing lagi dengan kata Impression. Impression sangat penting untuk melihat jumlah tayangan konten atau iklan. Impression menjadi indikator utama untuk menunjukan seberapa efektif kampanye marketing bisnis kamu. Artikel ini akan membahas mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan Impression , terutama untuk meningkatkannya. Mari kita simak penjelasan berikut !
Pengertian Impression
Impression adalah metrik yang digunakan untuk mengukur berapa kali jumlah tayangan konten atau iklan yang ditampilkan kepada pengguna. Impression bisa diperoleh dari berbagai platform, seperti email , website , social media dan seluruh jaringan advertising lainnya. Impression hanya mengukur tampilan saja dan tidak memerlukan atau memperdulikan seberapa banyak orang yang berinteraksi dengan konten tersebut. Konten atau iklan yang muncul di layar pengguna , akan dihitung satu kali Impression. Jadi, Impression akan membantu untuk memahami jangkauan iklan atau konten kamu.
Tipe-Tipe Impression
Berikut beberapa tipe-tipe impression yang perlu kamu pahami :
1. Served Impression
Served Impression adalah jumlah tampilan iklan yang berhasil dikirim atau ditampilkan di halaman web atau platform iklan lainnya oleh server kepada layar pengguna. Biasanya Served Impression tidak terlalu mementingkan apakah konten atau iklan tersebut sudah terlihat atau tidak oleh pengguna.Â
Ketika pengguna hanya melewati iklan tersebut saja tanpa melihatnya, maka hal tersebut bisa dibilang sudah mendapatkan satu impression. Contohnya , ketika iklan atau konten yang muncul di layar pengguna sebanyak 500 kali , maka impression yang didapatkan adalah sebanyak 500.
2. Viewed Impression
Viewed Impression adalah hal yang penting untuk periklanan.Viewed impression lebih akurat , karena memberikan data yang jelas ketika pengguna memang benar-benar melihat iklan kita atau tidak. Viewed Impression bisa dihitung ketika iklan terlihat di layar pengguna selama minimal satu detik.