Internet menjadi salah satu sumber pencari informasi yang penting bagi semua orang. Mereka akan menuliskan suatu hal di mesin pencarian untuk menemukan informasi yang relevan dengan apa yang mereka cari , disinilah peran Search Query diperlukan. Dalam dunia Digital Marketing , SEO maupun Content Writing pemahaman tentang Search Query sangatlah dibutuhkan. Lalu, sebenarnya apa itu Search Query dan apa saja Jenis-jenisnya? yuk kita simak penjelasannya dalam artikel ini!
Apa Itu Search Query ?
Search Query atau kueri penelurusan adalah rangkaian suatu frasa , kata atau kalimat yang dituliskan oleh pengguna dalam mesin pencarian, baik di Google maupun mesin pencari lainnya untuk mencari informasi tertentu. Search Query bertujuan untuk mengarahkan mesin pencari agar menampilkan hasil yang sesuai dan cocok dengan apa yang pengguna butuhkan. Jadi, ketika pengguna mengetik sebuah kata atau kalimat di mesin pencarian , maka akan muncul beberapa tulisan yang relevan dengan apa yang pengguna cari.
Perbedaan Search Query dan Keyword
Meskipun Search Query dan Keyword sama-sama digunakan dalam konteks pencarian informasi , Namun kedua hal tersebut ternyata memiliki perbedaan. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasan berikut !
1. Search Query
Search query memiliki sifat yang lebih luas dan dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Biasanya Search Query ditulis lebih dari tiga sampai sepuluh kata, tergantung dengan keinginan pengguna dalam mencari suatu informasi. Ketika mencari informasi, pengguna bisa saja menuliskan secara lengkap , kemudian secara langsung Search Query akan mencoba untuk memahami dan mendeskripsikan kata-kata atau maksud yang dimasukkan pengguna ke dalam mesin pencari untuk mendapatkan hasil yang relevan. Contohnya seperti , ketika pengguna menuliskan “Cara Membuat Seblak” maka Search Query yang muncul bisa jadi “Cara Membuat Seblak yang Simple dan Lezat”
Selain itu , perbedaan kedua hal tersebut bisa dilihat dari penggunanya. Pengguna internet seringkali memakai Search Query untuk mendapatkan suatu informasi dan biasanya mereka tidak terlalu memikirkan atau mementingkan keyword yang nantinya akan dituliskan.
2. Keyword
Keyword memiliki sifat yang lebih inti dibandingkan Search Query. Keyword atau yang lebih dikenal dengan kata kunci yaitu kata yang digunakan oleh pembaca saat mencari informasi di internet. Kata tersebut biasanya tertulis lebih pendek dan terfokus kepada satu hal. Keyword, bisa di dapat berdasarkan hasil analisis terhadap suatu konten web yang ingin disajikan. Ketepatan untuk menentukan keyword sangat berguna, agar konten yang dibuat dapat muncul di dalam mesin hasil pencarian. Misalnya, pengguna ingin mencari “Resep Nasi Goreng Pedas” maka keyword atau kata kunci yang digunakan yaitu berupa “Nasi Goreng”.