Apakah kita menyadari bahwa perkembangan dari manajemen terus mengalami tumbuh kemajuan dari waktu ke waktu yang tidak lepas dari kebutuhan manusia yang juga terus bertambah? Bentuk dan peran yang turut disiapkan untuk para sumber daya manusia yang diharapkan mampu menjadi SDM yang unggul yang mampu mengisi bagian dari kepemimpinan manajemen khususnya korporasi di masa mendatang.
Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) adalah sebuah universitas swasta berbasis korporasi BUMN PT.Semen Indonesia yang terletak di Gresik, Jawa Timur, Indonesia. UISI memiliki 10 program studi yang tersedia, termasuk Manajemen. Pada program studi ini, kita akan disuguhkan mata kuliah tentang bagaimana mengembangkan informasi bidang manajemen. Sebenarnya memang jurusan ini hanya bisa ditemui di beberapa universitas tertentu saja dan yang memiliki program studi ini salah satunya adalah UISI. Sesuai dengan pengertiannya, kita akan dihadapkan untuk menjadi seseorang yang inovatif, kreatif, dan memiliki kemampuan problem solving yang baik dalam kompetensi entrepreneurship dan intrapreneurship yang berintegritas. Manajemen terbilang menarik dikarenakan melihat perkembangan bidang manajemen yang kian masif, nantinya tentu akan sangat terbuka lebar bagi lulusan dari program studi Manajemen untuk menemukan pekerjaan mereka dengan jenjang karir yang bagus. Â Berikut ini mengenai Program Studi S1 Jurusan Manajemen UISI yang dirancang menjadi beberapa kelompok pengetahuan secara umum.
Mata kuliah inti :
Basic Knowledge (BK)
Functional Knowledge (FK)
Specialization Knowledge (SK)
Mata Kuliah Pendukung :
Business Practice Skills (BPS)
Business Interpersonal Skills (BIS)
Integrated Knowledge (IK)
Mata Kuliah Pelengkap :
Complementary Knowledge (CK)Â
   Itulah beberapa kelompok pengetahuan yang ada di Manajemen UISI yang akan dipelajari jika menjadi bagian dari mahasiswanya termasuk memilih antara 4 konsentrasi penjurusan yakni bidang konsentrasi yang ditawarkan adalah Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Operasi. Pada program studi ini, kita akan disuguhkan mata kuliah terkait bagaimana mengembangkan ilmu-ilmu manajemen bisnis. Selama 8 semester atau 4 tahun duduk di bangku kuliah nantinya kita bisa mendapatkan banyak mata kuliah mulai dari Pengetahuan Manajemen, Pengantar Bisnis, Manajemen Bisnis, Akuntansi Bisnis, Sistem Informasi Manajemen, MICE, dan masih banyak lagi.
Dari berbagai mata kuliah dan beberapa yang disebutkan sangat bisa disimpulkan jika prodi Manajemen UISI sangat erat dengan disiplin ilmu manajemen bisnisnya. Salah satu mata kuliah yang keren seperti MICE sebenarnya memiliki singkatan dari Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition merupakan mata kuliah yang mengajarkan tentang bagaimana cara untuk membuat event dalam skala yang besar. MICE merupakan suatu bagian dari kegiatan yang bertujuan untuk mengatur dan menyusun berbagai macam kegiatan pertemuan besar seperti acara, insentif, konferensi, pameran, dan banyak dari beberapa acara besar lainnya. Â
  Â
   Dalam mata kuliah MICE di Manajemen UISI akan belajar bagaimana tahap-tahap perencanaan ide dan konsep, perencanaan dan cara kerja promosi, perencanaan keuangan atau yang dikenal RAB (Rancangan Anggaran Biaya), perencanaan pencarian sponsorship atau pihak yang akan diajak untuk bekerjasama untuk mensupport event, dan tentunya perencanaan lainnya seperti pemilihan akomodasi sarana serta prasarana yang akan diperlukan hingga perencanaan dari kemungkinan resiko yang nantinya akan dihadapi dan masih banyak lagi. Semua itu sangat penting untuk mencapai event yang berhasil. Maka dari itu, disini akan dijelaskan lebih dalam terkait pembelajaran seputar MICE. Dimulai dari cara menyusun sebuah event MICE, kita diharuskan untuk mencari dan menetapkan jadwal waktu yang tepat, memilih tempat acara yang akan dilaksanakan, membuat timeline acara, berkoordinasi pelaksanaan event dengan semua pihak terlibat, dan melakukan evaluasi event dengan para panitia. Untuk perencanaan event biasanya dikenal memakai istilah SMART Goals, yang dimaksudkan event yang kita pilih harus berketerangan baik dan jelas. SMART Goals ini terdiri dari:
Specific atau jelas tujuan acaranya
Measureable atau dapat diukur suksesnya acara
Actionable atau ada langkah untuk mencapainya
Realistic atau masuk akal dan mungkin untuk dicapai
Timebound atau acara yang dimaksud dalam suatu jangka waktu tertentu
Serta tentunya perlu komponen untuk mendukung SMART Goals event dan kunci penting event dapat berjalan dengan suskes, 10 komponennya adalah:
Event (show, operations, legal, accounting), Venue (logistic, food, beverage, decor), Marketing (website, social, email, print), Advertising (radio, tv, newspaper, magazine), Volunteers (contracts, roles, meetings, schedules, contacts), Speakers (contracts, curations, program, bio, practice), Sponsors (contracts, marketing, mh, logistics), Production (contracts, audio, video), Stage (projector, screen, mic, internet, batteries, cables), dan Attendances (communication, payment, email, directions, badges, access).Â
   Uniknya dalam mata kuliah MICE di Manajemen UISI, para mahasiswanya diwajibkan untuk menghasilkan output yang harus dilaksanakan pada akhir semester. Bersumber selama mempelajari MICE, output yang dihasilkan adalah dengan membuat suatu event dan dapat terlaksana dengan ilmu-ilmu MICE yang terkandung. Salah satunya event yang akan dilaksanakan pada waktu dekat adalah webinar investasi. Event ini akan membahas bagaimana peluang generasi z untuk sukses bersama dalam investasi dan apa perlunya menanamkan investasi di usia muda. Webinar investasi akan berlangsung secara online live streaming di platform Zoom Meeting pada Sabtu, 15 Januari 2022, dengan 2 pemateri hebat dari lingkungan UISI yang ahli di bidang investasi. Selain dibuka pendaftaran untuk umum dan free registrasi, event ini juga memiliki E-Sertifikat untuk peserta dan uang tunai untuk 5 pesertanya yang terbaik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H