Mohon tunggu...
Dian Lestary
Dian Lestary Mohon Tunggu... -

Berbenah Bahasa - Tulisan adalah Kekuatan!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Transportasi Tradisional Milik Indonesia

16 Mei 2015   00:26 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:00 1598
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Transportasi Tradisional Milik Indonesia

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Zaman Modern saat ini, Semakin banyak ditemui berbagai transportasi Canggih di berbagai negara. Hal ini dilakukan agar masyarakat-nya nyaman menggunakan transportasi umum. Namun demikian,Indonesiamemiliki keistimewaan, karena transportasi umum Indonesia masih tradisional dan langka, diantaranya :

1.Delman

Transportasi ini menggunakan kuda sebagai penggeraknya. Nama kendaraan ini, persis seperti nama penemunya, Charles Theodore Deelman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda. Orang Belanda menyebut kendaraan ini dengan namados-à-dos, yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi.

Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh pendudukpribumi Bataviadisingkat lagi menjadi 'sado', Di propinsi indonesia lainnya, Delman memiliki nama seperti Andong, yang memiliki roda empat.

2.Becak

adalah transportasiberoda tigayang umum ditemukan diIndonesia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan :

-Becak dengan pengemudi di belakang. Biasanya ini di Jawa

-Becak dengan pengemudi di samping. Biasanya ini di Sumatera

3.Bentor

adalah kendaraan khas masyarakatGorontalo. Ide kendaraan ini adalahbecakyang di beri sepeda motor di bagian belakangnya. Motor yang digunakan adalah motor jenis bebek. Bentor sudah beroperasi secara ilegal di Makasar, Kotamobago, Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Luwuk di Sulawesi Tengah. Bentor dapat dimuati oleh 2 orang tetapi sering juga terjadi diisi 3 orang bahkan sampai 5 orang dengan dua penumpang membonceng di belakang pengemudi.

4.Angkutan Kota

adalah sebuah transportasiperkotaan dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak sepertibusyang mempunyaihaltesebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja.

5.Ojeg

adalah transportasi umum yang ada diseluruh Indonesia yang berupa sepeda motor.Penumpangbiasanya satu orang namun kadang bisa berdua. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar denganabang ojegterlebih dahulu setelah ituabang ojegakan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya. Ojeg ada di seluruhIndonesiaKarena kelebihannya denganangkutanlain yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Selain itu dapat menjangkau daerah-daerah dengan gang-gang yang sempit dan sulit dilalui oleh mobil. Biasanya ojeg berada di persimpangan jalan yang ramai, atau di jalan masuk kawasan permukiman.

6.Pedati

adalah sebuah kendaraan atau alat yang memiliki dua atau empat buahrodayang digunakan sebagai sarana transportasi mengangkut orang, maupun mengangkut barang-barang. Pedati dapat ditarik oleh hewan sepertikuda,sapi,kambing,zebu. Pedati umumnya ada di wilayah pedesaanIndonesia.

7.Becak Motor

adalah istilah yang digunakan diSumaterautara untukbecakyang digerakkan denganmesin, disebut juga sebagaibecak motor. Becak mesin ini merupakan transportasi yang sangat populer di Sumatera Utara untuk perjalanan dari pintu ke pintu (door to door service).

8.Cidomok

adalah alattransportasitenagakudakhas pulauLombok, secara fisik kendaraan ini mirip dengandelmanatauandongyang terdapat di pulauJawa, perbedaan utamanya dengan delman atau andong adalah alih-alih menggunakan roda kayu, cidomo menggunakan roda mobil bekas sebagai rodanya. Sampai saat ini alat transportasi ini masih menjadi sarana utama transportasi terutama pada daerah-daerah yang tidak dijangkau oleh angkutan publik dan daerah-daerah sentra ekonomi rakyat sepertipasar.

9.Dokar Yogya

Dokar berbeda denganandong. Dokar hanya mempunyai duarodadan ditarik oleh satukuda, sedangkan andong mempunyai roda empat yang bisa ditarik satu atau dua kuda.  Keberadaan dokar sebagai salah satu warisan budaya Jawa memberikan ciri khas tersendiri di tempat-tempat wisata, sepertiParangtritis, Alun-alun Kidul Yogyakarta Indonesia dan Malioboro Yogya.

10.Ojeg Sepeda

adalah primadona transportasi Indonesia sejak tahun tujuh puluhan. Dahulu transportasi yang satu ini digunakan sebagai alat transportasi utama, tapi di era millennium seperti saat ini mulai dilupakan. Untuk saat ini, transportasi yang unik dan jarang ditemukan, dapat di nikmati di Terminal Tanjung Priuk atau di perempatan Stasiun KA Jakarta Kota (Beos) serta kawasan gang-gang sempit diIndonesia.

Untuk hal ini, Indonesia patut berbangga. Ditengah maraknya transportasi canggih yang diciptakan, namun Indonesia masih belum kehilangan transportasi-transportasi budaya. Meski kelihatannya jauh tertinggal, namun setidaknya Indonesia menjadi unik dalam hal transportasi.

Referensi: http://dimaszon.blogspot.com/2013/01/10-transportasi-tradisional-indonesia.html

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun