Mohon tunggu...
Dian Oktaviani
Dian Oktaviani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Dian

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gerakan Bantu UMKM oleh Mahasiswa KKN Universitas Mercu Buana di Padukuhan Tanjung Bantul

25 Agustus 2021   14:45 Diperbarui: 25 Agustus 2021   14:57 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sabtu (21/08), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 85 Universitas Mercu Buana Yogyakarta melaksanakan kegiatan program kerja secara online dan offline di Pedukuhan Tanjung yaitu Gerakan Bantu UMKM Padukuhan Tanjung. 

Pandemi Covid-19 faktanya memang mempengaruhi banyak sektor di Indonesia. Tidak terkecuali dampak terburuk yang dirasakan adalah sektor perekonomian. 

Banyak UMKM yang harus memutar aktif dan mencoba berbagai cara untuk bisa terus bertahan di tengah masa pandemi disertai dengan penyesuain diri kepada pola hidup dan gaya hidup yang mulai berubah pada masyarakat konsumen Indonesia yaitu dengan membiasakan hidup sehat, menggunakan masker dan menjaga jarak secara sosial dan fisik. 

Upaya penyebaran Covid 19 yang dicanangkan Pemerintah ini ternyata berdampak nyata kepada perekonomian UMKM.

Berdasarkan latar belakang kondisi ini, tim pengabdian dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta merasa terpanggil dan berkeinginan untuk membagi ilmu dan pengetahuan kepada para pemilik UMKM yang ada di Padukuhan Tanjung Desa Bangunharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. 

Kegiatan secara online yaitu edukasi mengenai konsep strategi pemasaran dan strategi branding. Sedangkan kegiatan secara offline oleh tim pengabdian yaitu penyerahan banner brand kepada pemilik usaha kacang tanah di Padukuhan Tanjung yang berjumlah 6 orang. Desain dari banner brand sendiri dibuat semenarik mungkin dan penuh makna. 

Dok. Pribadi 
Dok. Pribadi 

Tujuan dari kegiatan ini adalah pemilik usaha memperoleh informasi dan pemahaman mengenai pentingnya branding yang merupakan salah satu strategi pemasaran dalam berwirausaha dan mendapatkan kiat-kiat strategi pemasaran offline. Kemudian pemilik UMKM kacang tanah yang ada di Padukuhan Tanjung sekarang memiliki destination brand yang menjadikan ciri khas mereka dan Padukuhan Tanjung. Kemudian sudah terpasangkan banner dari tim pengabdian Universitas Mercu Buana Yogyakarta sebagai sarana promosi offline.

Diharapkan setelah adanya program ini, UMKM kacang tanah di Padukuhan Tanjung mengalami peningkatan dalam penjualan dan semakin banyak dikenal masyarakat diluar Padukuhan Tanjung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun