Modul 1.1 Filosofi Ki Hadjar Dewantara
Tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak - anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi - tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Walaupun pendidikan hanya dapat 'menuntun', akan tetapi faedahnya bagi hidup tumbuhnya anak - anak sangatlah besar. Pendidikan itu berhubungan dengan kodrat keadaan dan keadaannya setiap anak.
Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
Nilai -- nilai guru penggerak
- Berpihak kepada murid
- Mandiri
- Reflektif
- Kolaboratif
- Inovatif
Peran guru penggerak
- Menjadi pemimpin pembelajaran
- Menjadi coach bagi guru lain
- Mendorong kolaborasi
- Mewujudkan kepemimpinan murid
- Menggerakan komunitas praktisi
Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Profil pelajar Pancasila tersebut akan terwujud apabila seorang guru mampu menjiwai nilai-nilai dan mampu melaksanakan peran guru penggerak dengan baik salah satunya dengan merumuskan visi untuk menciptakan perubahan ke arah lebih baik lagi. Agar dapat merumuskan visi yang berpihak kepada murid dan membuat prakarsa perubahan maka dapat menggunakan pendekatan inquiry apresiatif (IA) yakni suatu pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan.
Modul 1.4 Budaya Positif
Budaya positif di sekolah mencakup promosi nilai-nilai seperti kerja sama, kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Kegiatan ekstrakurikuler, proyek kolaboratif, dan program pengembangan karakter dapat membantu murid mengembangkan keterampilan sosial dan kepemimpinan mereka.
Penting juga untuk menciptakan suasana yang merangsang minat belajar dan kreativitas. Lingkungan pembelajaran yang mendukung inovasi, eksplorasi, dan pemecahan masalah dapat meningkatkan motivasi murid.