Untuk membentuk suatu perusahaan tentu saja diperlukan visi dan misi, karena itu merupakan dasar tujuan yang hendak dicapai oleh organisasi. Sebagai penentu arah mau dibawa kemana organisasi tersebut. Visi merupakan masa depan ideal yang menarik yang kredibel namun tidak mudah dicapai. Sedangkan misi merupakan tujuan luas inti organisasi dan alasan keberadaannya.
Jika kita membahas visi terdapat empat tema untuk memiliki visi yang kuat dan juga efektif untuk berjalannya sebuah organisasi. Visi menjadi sebuah daya tarik yang luas dan dimiliki bersama, dimana mereka membantu organisasi menghadapi perubahan, mereka mencerminkan cita-cita yang tinggi, dan mendefinisikan baik tujuan organisasi maupun aturan dasar untuk mencapainya.
- Visi Memiliki Daya Tarik yang Luas, visi harus diidentifkasin dengan tim atau organisasi secara keluruhan, visi tersebut tidak bisa hanya dimiliki pemimpin saja. Karena karyawanpun perlu mengetahui apa visi perusahaan. Â
- Visi Menangani Perubahan, visi yang efektif membantu organisasi dalam mencapai perubahan. Mungkin jika mendengar kata peruabahan dapat membuat kita menjadi takut,akan tetapi arah yang jelas dapat membantu orang menghadapi kesulitan dan ketidakpastian yang terlibat dalam proses perubahan. Ketika karyawan memiliki visi pemandu yang jelas dan konsisten, keputusan dan tindakan sehari-hari di seluruh organisasi merespons masalah dan tantangan saat ini dengan cara yang menggerakkan organisasi menuju masa depan.
- Visi Mencerminkan Cita-cita Tinggi, visi harus mencerminkan cita-cita yang tinggi dari perusahaan tersebut, dan juga visi harus bersifat idealis, dimana dengan adanya visi dapat menjadi daya tarik emosional terhadap kebutuhan dan keinginan dasar manusia untuk merasa penting dan berguna, untuk percaya bahwa kita dapat membuat perbedaan nyata di dunia. Dengan visi yang menggambarkan masa depan dapat menjadi kekuatan untuk menginspirasi dan memberi energi kepada orang-orang.
- Visi Mendefinisikan Tujuan dan Perjalanan, visi yang baik untuk masa depan mencakup hasil spesifik yang ingin dicapai organisasi. Ini juga menggabungkan nilai-nilai yang mendasari yang akan membantu organisasi sampai di sana.
Setelah adanya visi pasti kita akan menemukan sebuah misi, dimana misi itu berbeda dengan visi. Misi dapat mendefinisikan nilai-nilai inti perusahaan dan alasan keberadaan, dan memberikan dasar untuk menciptakan visi. Dengan adanya misi dapat menjadi  perekat untuk menyatukan organisasi pada saat perubahan dan memandu pilihan dan keputusan strategis tentang masa depan. Misi terdiri dari dua bagian yang penting yaitu nilai inti dan tujuan inti. Nilai inti tersebut merupakan pemandu untuk organisasi. Sedangkan tujuan inti merupakan tujuan inti sehingga organisasi dapat tumbuh dan berubah.
Bagaimana visi misi perusahaan besar seperti samsung?
Samsung memiliki visi : "Inspire the World, Create the Future" ("Mengilhami Dunia, Menciptakan Masa Depan"). Dengan adanya visi tersebut, PT Samsung memiliki komitmen untuk memimpin inovasi dalam teknologi, menjadi perusahaan yang mampu memberikan solusi kepada masyarakat untuk menciptakan dunia yang lebih baik dengan pengalaman teknologi digital yang lebih sempurna. Visi tersebut dapat dibuktikan, sekarang kita dapat melihat betapa inovasinya Samsung dalam mengeluarkan produk-produk barunya yang dapat terlihat salah satunya yaitu smartphone, dimana Samsung baru saja mengeluarkan smartphone terbarunya yaitu Galaxy Z Flip 3 dengan tujuh warna yang tersedia. Samsung menggandeng BTS, yang merupakan boyband yang berasal dari Korea, oleh karena itu Samsung Gaxy Z Flip 3 tersebut berinovasi dari segi warna dan juga bentuk smartphone tersebut. Karena jumlah member BTS 7 maka warna yang tersedia pun berjumlah tujuh yaitu hitam, abu-abu, putih, krem, ungu, pink, dan hijau, kita dapat melihat lebih detail melalui instagram dibawah iniÂ
Kita juga dapat melihat inovasi Samsung ini dari bentuk-bentuk smartphone dan kameranya, mungkin dulu bentuk smartphone dan kamera seperti biasanya akan tetapi Samsung terus berinovasi sehingga menghasilkan bentuk  seperti gambar dibawah iniÂ
Samsung memiliki misi : Samsung memiliki filosofi perusahaan yang lugas, yaitu mendedikasikan talenta dan teknologinya untuk menciptakan produk dan layanan unggul bagi masyarakat global yang lebih baik. Samsung sangat menekankan pada sumber daya manusia dan teknologinya untuk mencapai misi ini. Misi ini memang benar adanya kita dapat melihat bahwa teknologi smartphone Samsung tidak kalah canggih seperti kompetitor. Dimana Samsung terus mengupgrade produk-produknya untuk dapat menyaseuaikan dengan perkembangan teknologi. Misi ini dapat kita lihat pada Misi SamsungÂ
Jika kita melihat A Leader's Framework for Noble Purpose, maka Samsung termasuk ke dalam discovery dimana samsung merupakan pelopor dalam penemuan baru, dimana para pemimpin Samsung Electronics memberi energi kembali perusahaan dengan memfokuskan karyawan pada penemuan daripada imitasi, Samsung lebih baik untuk melakukan penemuan-penamuan baru dibandingkan melakukan imitasi atau menjiplak produk lain. Oleh karena penemuan-penemuan baru yang dilakukan oleh Samsung dapat membawanya menjadi inovator kelas dunia. Samsung berinvestasi besar-besaran dalam penelitian dan pengembangan bahkan mulai mengancam dominasi Apple di smartphone dengan fitur-fitur inovatif di ponsel Galaxy-nya.
Sehingga dapat kita lihat bahwa visi dan misi Samsung ini dapat terwujud dan terbukti, Â maka dari itu perlu sekali pemimpin yang mampu membawa visi dan misi tersebut tertananam dalam diri setiap karyawan maupun organisasi. Jika visi dan misi jelas maka akan memudahkan pemimpin, karyawan semua yang terlibat dalam perusahaan tersebut. Dari contoh Samsung ini kita bisa melihatnya bahwa visi dan misi yang jelas dapat membawa sinergi untuk perusahaan.Â