Siapa yang tidak kenal aplikasi satu ini ? Tiktok adalah aplikasi hiburan berbagi video pendek sekaligus sumber informasi dan tempat penyalur kreaktifitas serta hobi berbagai manusia di dunia. Aplikasi milik perusahaan China Bytedance ini telah diunduh sebanyak 100 juta kali di Google Play Store. Dan tentunya di Indonesia sendiri, tiktok adalah salah satu aplikasi yang sedang tren dan banyak digunakan.
Seiring berjalannya waktu, sosial media seperti ini tidak hanya dimanfaatkan untuk berbagi video, foto, saling menyapa, tapi dengan adanya platform media sosial juga kini dijadikan sebagai tempat untuk promosi bisnis.  Di tiktok sendiri, memang banyak pengguna nya yang juga memanfaatkan tiktok sebagai alat promosi bisnis yang tentunya untuk memperluas pemasaran. Mungkin saja karena melihat kebutuhan penggunan seperti itu, Per bulan April lalu, tiktok mengembangkan bisnis nya ke ranah e-commerce dengan menambah fitur terbaru yakni tiktok shop.
Apa itu Tiktok Shop? Sesuai dengan Namanya, Tiktok Shop adalah fitur belanja Online yang bisa digunakan para pembeli dan penjual yang semua transaksi nya kini bisa dijalankan secara mudah hanya di aplikasi tiktok tanpa perlu beralih ke aplikasi lain untuk menyelesaikan transaksi pembelian. Dengan kata lain, semua transaksi seperti pembelian, chatting dengan penjual, pembayaran, bahkan status pengiriman paket bisa kita jalankan dan lihat hanya dalam satu aplikasi, seperti halnya aplikasi E- commerce pada umumnya.
Melansir dari laman Tiktok.com, Tujuan dibuatkan nya fitur tiktok shop ini bermaksud untuk memberikan lebih banyak peluang bagi pembisnis memasarkan produknya dengan memanfaatkan sumber daya kreator. Maka, tiktok shop adalah tempat yang tepat untuk mempertemukan konsumen lokal membeli beragam barang yang diperlukan dengan pembisnis, yang disini memanfaatkan tiktok selain untuk menjual beli, tetapi juga dengan memanfaatkan fitur kreator. Â
Maka dari itu, pembisnis sekarang harus terus berkreasi dan berinovatif salah satunya dengan beradaptasi dengan tren saat ini yaitu penggunaan tiktok shop. Hal ini tentu saja menjadi peluang yang sangat besar dan menjadi tantangan baru bagi para pembisnis yang tentunya agar memperluas pemasaran dan meningkatkan omset penjualan.
Mengingat akan sering nya aplikasi ini digunakan dan tinggi nya pengguna , dengan berbagai kemudahan yang disediakan aplikasi tiktok shop ini tidak menutup kemungkinan untuk para konsumen berpindah Haluan dari e-commerce lain ke tiktok shop. Karena semakin hari, tiktok shop ini semakin banyak diminati apalagi promo gratis ongkir pun menjadi salah satu alasan yang sangat menggiurkan bagi para konsumen.Â
Meskipun pada saat ini barang yang dijual belum selengkap e-commerce yang lain, melihat dari antusias para konsumen saat ini, mungkin saja kedepannya tiktok shop menjadi salah satu e-commerce baru yang bisa menyaingi e-commerce pendahulu yang saat ini sering digunakan para konsumen.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H