Jurnal Refleksi dua pekan kedua (Modul 1.2)
Sabtu, 18 Juni 2022
Fact (Peristiwa)
Setelah saya menyelesaikan modul 1.2 dan menuliskan jurnal refleksi dwi mingguan kedua pada hari Sabtu, 18 Juni 2022. Saya merasa mulai beradaptasi dengan serangkaian kegiatan PGP Angkatan 5 pada LMS, ruang virtual kolaboratif PGP dan tugas-tugas sebagai guru di sekolah. Kolaborasi dengan tim CGP A.05.27 pada learning management system Kemendikbud, memberikan pengalaman baru untuk saya dalam berlatih dan berkolaborasi mengungkapkan ide-ide konstruktif.
Pemikiran dari filosofi KHD sebagai landasan Proses “menuntun” yang menghamba pada anak dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Pembelajaran “merdeka” yang menghamba pada anak melalui implementasi Nilai dan Peran guru penggerak selama proses “menuntun” dapat memotivasi dan mengakselerasi tercapainya merdeka belajar.
Filosofi KHD sebagai acuan “menuntun” terkoneksi dengan nilai-nilai dan peran guru penggerak dalam bertindak sebagai bagian dari agen perubahan ekosistem Pendidikan Indonesia.
Tantangan saya dalam upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila adalah menjaga konsistensi dalam mengimplementasikan nilai dan peran guru penggerak yang relevan dengan filosofi KHD dalam berbagai kondisi.
Kegiatan Lokakarya 1 pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 di SMK 51 Jakarta Timur. Kami bertemu dan belajar bersama secara tatap muka dengan teman-teman CGP dalam kelompok dan Pengajar Praktik melatih kami untuk berperan aktif dalam komunitas praktisi.
Saya merasa bersyukur dan bahagia bisa menjadi bagian tim CGP A.05.27 yang hebat, luar biasa saling memotivasi, bergerak maju bersama dengan semangat kekeluargaan.