Persaingan perdagangan merupakan suatu aspek yang sering terjadi dalam menjalankan suatu usaha. Yang bertujuan berlomba lomba dalam mendapatkan keuntungannya satu dengan yang lainnnya Persaingan perdagangan juga dapat diartikan kompetisi, perlombaan, pertandingan agar dapat mencapai suatu tujuan dan target yang telah direncanakan.
Faktor Faktor yang mempengaruhi persaingan perdagangan
1.Produk yang akan diperjual belikan serupa
Dengan produk yang diperjual belikannya sama ini menjadi faktor  tertentu karena konsumen tidak akan bisa membedakan produk Saatu dan lainnya. Hal ini merupakan hal terpenting dari terjadinya persaingan perdagangan karena terjadinya persaingan adalah produk yang ditawarkannya sama serta harganya lebih murah
2. Saluran distribusi serupa Â
Strategi atau layanan yang diberikan toko tersebut memiliki kesamaan Dan efisiensi dalam proses pemasaran dan pengiriman kepada pelanggan Â
3. Adanya Fluktuasi harga
Hal Ini akan selalu terjadi dalam melakukan jual beli yang mengharuskan toko untuk menyesuaikan harga. Mempertahankan strategi pasar dengan harga yang bisa menyesuaikan daya saing
4. Pemasok Produksi sama
Ini juga salah satu faktor terjadinya persaingan karena apabila pemasok penjual sama memasuki toko atau mengirimkan barang yang sama akan timbul persaingan antara satu sama lainnya
B. Cara Menarik pelanggan
1.Harga
Harga merupakan salah satu penetapan suatu nilai yang akan diperjual belikan dalam suatu transaksi entah untuk pembelian barang ataupun jasa serta Harga pula penentu terjadinya transaksi jual beli agar dapat memuaskan dan menarik pelanggan
2.Distribusi
Distribusi adalah suatu kegiatan pemasaran suatu toko yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk memudahkan dalam menyalurkan barangnya dengan baik dan efisien kepada pelanggan dan layanan distibusi juga dapat memperetat jalinan  antara pelanggan dan konsumen agar terjalin  serta hubungan yang baik serta membuat pelanggan merasa nyaman
3.Promosi
Promosi adalah suatu kegiatan pemasaran untuk menarik pelanggan agar tertarik dengan menawarkan harga yang relatif menjadi lebih murah pada harga yang biasanya. Dengan adanaya kegiatan promosi produsen dapat memperkenalkan produknya kepada konsumen dengan kelebihannya masing masing dan mendapatkan keuntungan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI