Kewirausahaan merupakan kunci utama dalam membentuk mental dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dunia kerja. Untuk menanamkan nilai-nilai ini, SMPN 4 Tegal telah mengadakan kegiatan P5 yang inovatif dengan memperkenalkan olahan telur asin sebagai salah satu fokusnya. Kegiatan P5 yang dikenal sebagai "Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila", tidak hanya memunculkan semangat berwirausaha, tetapi juga mendorong kreativitas dan kemampuan berpikir strategis di kalangan siswa.
Melalui kegiatan P5, diharapkan siswa mendapatkan pembimbingan penguatan profil pelajar pancasila yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, 2) berkebinekaan global, 3) bergotong royong, 4) mandiri, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yakni kelas VII A sampai dengan VII F dengan masing-masing kelas dibimbing oleh tim fasilitator P5 dan dibantu dengan mahasiswa PPL PPG dari UPS Tegal.
Telur asin diolah dengan berbagai cara kreatif oleh siswa. Mulai dari telur asin tradisional hingga inovasi baru seperti telur asin dengan berbagai macam olahan yang dipamerkan pada acara puncak P5 "Market Day" seperti olahan Krutelsin (Krupuk Telur Asin), Niggat (Nugget nikmat dengan Salted Egg), Telur Gulung Nasi Iris, Lumpia Vegetable Egg, Stik Keju Telur Asin, Nasi Liwet Telur Asin, dll.Â
Acara puncak dari kegiatan P5 ini adalah Market Day yang diselenggarakan pada tanggal 9 Maret 2024. Sebelum acara puncak tiba, siswa mendapatkan pelatihan dan bimbingan kewirausahaan yang intensif. Mereka mempelajari proses produksi telur asin, manajemen keuangan, dan strategi pemasaran yang efektif. Selain itu, SMPN 4 Tegal menjalin kemitraan dengan industri lokal yang terkait dengan produksi telur asin di rumah Pak Rajum. Ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar langsung dari para ahli dan memperluas jaringan mereka di dunia bisnis lokal.
Para siswa menunjukkan kreativitas mereka dalam penyajian produk. Mereka membuat poster produk yang menarik dan desain kemasan yang kreatif menggunakan aplikasi Canva. Mereka belajar tentang pentingnya branding dan presentasi visual yang menarik dalam pemasaran produk untuk meningkatkan daya tarik penjualan. Siswa tidak hanya belajar cara membuat produk yang berkualitas, tetapi juga mempelajari pentingnya pemasaran dan promosi yang efektif. Mereka menggunakan media sosial, poster, dan promosi langsung untuk menjangkau target pasar mereka.
Melalui kegiatan P5 Market Day ini, SMPN 4 Tegal berhasil menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan mendorong semangat kewirausahaan di kalangan siswa. Dengan olahan telur asin sebagai fokusnya, siswa tidak hanya belajar tentang bisnis, tetapi juga mengembangkan keterampilan yang akan berguna dalam berbagai aspek kehidupan. Semoga keberhasilan Market Day ini menjadi langkah awal yang baik dalam menumbuhkan generasi penerus yang inovatif dan berwirausaha.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H