Mohon tunggu...
Diana Susiana
Diana Susiana Mohon Tunggu... Guru - Tenaga pengajar/SMP N 3 Satu Atap Rembang

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Pembelajaran

9 Desember 2022   19:04 Diperbarui: 9 Desember 2022   19:08 289
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

Kabupaten Purbalingga

Lingkup Pendidikan

SMP Negeri 3 Satu Atap Rembang- Kelas VIII- 28 siswa- Tahun Ajaran 2022/2023

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran materi menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi.

Penulis

Diana Susiana, S.Pd

Tanggal

21 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah peserta didik kelas VIII belum mampu menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi.

Hal ini tampak pada kemampuan dasar peserta didik dalam pemahaman terhadap materi menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi masih rendah.

Hal ini sangat penting untuk dibagikan karena berdasarkan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan banyak perubahan terjadi pada sikap pada peserta didik yang berdampak pada proses pembelajaran. Sikap yang terjadi pada peserta didik seperti :

1. Peserta didik belum aktif dalam kegiatan berdiskusi

2. Peserta didik malu untuk menyampaikan hasil karya

3. Peserta didik terlihat lesu dalam mengikuti kegiatan belajar dikarenakan lelah setelah mengikuti upacara bendera yang kebetulan bertepatan dengan hari Senin

4. Peserta didik tidak fokus dalam mengikuti kegiatan belajar

5. Kondisi ini diperburuk dengan kurangnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan diskusi kelompok.

Pada masing-masing kelompok terdiri dari 5/6 peserta didik, akan tetapi yang benar-benar bekerja atau berdiskusi hanya 3/4 orang saja, yang sisanya hanya bermain.

Selain itu kurangnya penggunaan TPACK dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dan kurangnya penerapan model pembelajaran inovatif dikelas dalam proses pembelajaran. Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai peneliti yaitu meneliti tentang permasalahan yang terjadi selama proses belajar mengajar di kelas dan menyelesaikan masalah-masalah khusus pembelajaran yang dihadapi.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, maka beberapa tantangan yang dihadapi adalah:

1. Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena peserta didik yang dominan lebih pandai dan pintar yang banyak menyelesaikan diskusi kelompok tersebut

2. Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas

3. Anggapan peserta didik belajar menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi itu sulit sehingga membuat peserta didik lesu dalam menerima pelajaran

Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah peserta didik, pendidik, teman sejawat dan kepala sekolah. Tantangan itu yang menyebabkan pendidik harus melewatinya dengan berbagai cara seperti menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik serta model pembelajaran yang mendukung.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Tantangan yang ada segera diselesaikan dengan baik oleh saya di antaranya yaitu:

1. Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena peserta didik yang dominan lebih pandai dan pintar yang banyak menyelesaikan diskusi kelompok tersebut.

Saya lebih intens lagi dalam membimbing peserta didik yang belum memahami tugas yang akan dilakukan, agar peserta didik yang masih pasif dalam kegiatan diskusi dapat berperan aktif di kelompoknya. (Sesuai sintaks 4)

2. Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya didepan kelas.

Saya mendampingi dan memberikan contoh kepada peserta didik baik individu maupun kelompok bagaimana cara mempresentasikan hasil laporan kelompok dan tetap memberikan semangat dan apresiasi kepada peserta didik atau kelompok yang sudah tampil. (Sesuai sintaks 5)

3. Berkaitan dengan anggapan peserta didik belajar menelaah puisi itu sulit.

Pada kegiatan pendahuluan pembelajaran saya memberikan motivasi dan apersepsi yang bisa membuat peserta didik lebih bersemangat dalam belajar teks puisi. (Sesuai sintaks 1)

Langkah-langkah yang lain juga diambil antara lain,

1. Berkaitan dengan model pembelajaran

Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terdiri dari 6 sintaks pembelajaran yaitu:

Sintaks 1: Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan esensial

Sintaks 2: Perencanaan dilakukan secara kolaboratif antara guru dan siswa

Sintaks 3: Guru dan siswa secara kolaboratif menyusun jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek

Sintaks 4: Guru bertanggungjawab untuk melakukan monitor terhadap aktivitas siswa selama menyelesaikan proyek

Sintaks 5: Penilaian dilakukan untuk membantu guru dalam mengukur ketercapaian standar, berperan dalam mengevaluasi kemajuan masing- masing siswa

Sintaks 6 : Mengevaluasi Evaluasi disini yaitu pada akhir pembelajaran, guru dan siswa melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan.

dari model pembelajaran yang dipilih dari mulai tahap satu sampai tahap akhir yang dituangkan dalam kegiatan pembuka, inti dan penutup.

2. Berkaitan dengan bahan ajar dan media ajar

Saya menggunakan bahan jar berupa handout per pertemuan serta LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk mengukur ketercapain belajar peserta didik dan saya juga menggunaakan video puisi "Sebuah jaket berlumur darah" karya Taufik Ismail yang ditampilkan lewat LCD proyektor, dengan berbantuan salindia dan aplikasi power point yang dikolaborasikan dengan berbasis TPACK sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

3. Berkaitan dengan penilaian

Saya juga menggunakan lembar penilaian untuk menilai secara keseluruhan dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Serta lembar penilaian spiritual dan sikap sosial. Tentunya dalam instrumen lengkap mulai dari kisi-kisi, indikator ketercapaian setiapa ranah, dan rubrik penilaian untuk melengkapi penilaian di akhir pembelajaran.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dapat membuat pemahaman peserta didik lebih baik dan peserta didik lebih termotivasi terhadap materi menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi secara tulis/lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi kelas VIII SMPN 3 Satu Atap Rembang. Peserta didik bersemangat dan tidak cepat bosan dalam pembelajaran, karena pada saat pembelajaran peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok serta perkelompok menjawab soal yang diberikan oleh pendidik. Hasil karya peserta yang didapatkan selama proses pembelajaran sangat efektif karena pemilihan model dan media pembelajaran sudah sesuai dengan materi pembelajaran. Hasil karya peserta didik berupa teks puisi ini dipajang di mading sekolah dan sebagian di pojok baca.

Dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan langkah-langkah tersebut respon dari lingkungan sekitar yaitu teman sejawat dan kepala sekolah memberikan respon positif. Faktor yang menunjukkan bahwa model pembelajaran yang telah dilakukan berhasil adalah dengan pemahaman peserta didik dalam belajar dan hasil belajar. Oleh karena itu, dengan Model Project Based learning yang dipadukan dengan video musikalisasi "Sebuah Jaket berlumur darah " karya Taufik Ismail dan media pembelajaran yang menarik, akan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun