Analisis Daya Saing UMKM Dapur Yuko Di Kota Palangkaraya Serta Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran
Muhammad Farras Nasrida, S. Pd., M.Si.
Novusa Aliantie
Dian Anggreni Br Tarigan
Universitas Palangkaraya
Jl. Hendrik Timpang, Palangkaraya, Kalimantan Tengah
novosaalyantie2585@gmail.com
diananggrenitg@gmail.com
ABSTRAK
Dalam struktur dan ruang lingkup ekonomi di Indonesia UMKM memiliki peran dan posisi yang penting dan strategis dalam menjaga stabilitas perekonomian secara mikro. UMKM sendiri akan mampu bertahan apabila dapat menerapkan pengelolan manajemen dengan baik, pengelolaan manajemen mencakup di bagian bidang pemasaran, produksi, sumber daya manusia dan keuangan. Strategi pemasaran adalah salah satu keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu perusahaan yang memproduksikan barang dan jasa. Penelitian ini kami lakukan di Jl Bukit Keminting Palangkaraya, yang bergerak dalam bidang usaha Donat. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa Donat di Dapoer Yuko merupakan UMKM yang lumayan besar di kota Palangkaraya dengan memiliki 2 cabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, data dianalisis dengan menggunakan komunikasi terbuka dan percakapan. Menurut peneliti UMKM Dapoer Yuko ini sudah tepat dalam mengevaluasi usahanya, kualitas pelayanan yang diberikan dengan cara tidak langsung terhadap karyawan untuk melihat baik tidaknya pelayanan yang diberikan. Dari segi harga pun donat kentang Dapoer Yuko juga termasuk ramah dikantong,dengan komposisi  bahan yang digunakan penjualan donat kentang Dapoer Yuko ini terbilang relative murah yaitu dengan harga mulai dari Rp.18.000-Rp. 35.000/box untuk isi serta size yang disediakan.
Â