Pada era digital saat ini ekonomi kreatif semakin menonjol dalam analisis perekonomian gelobal. Ekonomi kreatif sendiri sudah muncul sejak abad ke 4.0 era perindustrian. Ekonomi kreatif merupakan suatu peroses dalam bidang perekonomian yang dapat merubah seseorang dalam menuangkan ide-ide kreativitasnya untuk mendapatkan nilai tambah. Â Â
Di Indonesia ekonomi kreatif bukanlah sebuah hal yang baru untuk diperbincangkan. Ekonomi kreatif sendiri sangat berpengaruh terhadap ilmu pengetahuan, desain, teknologi, seni dan berbagai bentuk kreativitas. Ekonomi kreatif sendiri berperan sebagai meningkatkan standar hidup dengan mengedepankan seni, budaya dan ketekunan. Sehingga taraf hidup rata-rata masyarakat dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian.
Ekonomi muncul sebagai akibat dari gelobalisasi dan meningkatnya mordenisasi serta inovasi masyarakat yang menyebabkan banyak orang yang melakukan eksperimen terhadap produk yang mereka jual. Konsep ekonomi kreatif bermula dari teori ekonomi baru yang menekankan pada nilai ide, kreativitas, kerja keras, dan ketekuanan pada setiap individu untuk mengembangkan potensi profesionalnya dengan memanfaatkan ide-ide kreatifnya. Ekonomi kreatif di harapkan dapat berkembang secara damai antara individu dengan melahirkan ide-ide kreatif bagi setiap individu.
Era digital saat ini telah mengubah cara bisnis beroperasi di seluruh dunia dengan memanfaatkan teknologi informasi, internet dan media sosisial sudah menjadi peraktik standar dalam bisnis. UMKM yang mampu menyesuaikan dengan era digital saat ini akan lebih tumbuh dan berkembang. Secara gelobal UMKM berlomba-lomba untuk meraih pasar dunia yang sangat kompetitif. Inovasi dalam produk, layanan dan model bisnis sangat penting untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di era digital saat ini. Pada sektor ini UMKM (usaha mikro kecil menengah) menjunjung tinggi pentingnya perekonomian, baik lokal maupun global, yang dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat umum. Yang mempunyai potensi besar dalam melakukan inovasi, menciptakan produk  menarik, dan dapat memperluas pasar.Â
Diera digital saat ini, inovasi ekonomi kreatif berperan penting dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan sektor UMKM (Usaha, Mikro, Keci dan Menengah). Berikut beberapa point penting mengenai kemajuan ekonomi kreatif dan kunci sukses UMKM di era digital saat ini, yaitu sebagai berikut:Â
- kreativitas Inovasi dan Produk dan Layanan
Yang mana untuk mebedakan dirinya dari pesaing, UMKM perlu harus mengembangkan produk dan layanan yang unik dan inovatif. Hal ini dapat encakup desain baru, fitur unik, atau pendekatan inovatif untuk memenuhi permintaan pasar.
- Pemanfaatan Teknologi DigitalÂ
seperti media sosial, e-commerce, dan platform online sangat diperlukan bagi UMKM untuk memasarkan dan menjual produknya. Hal ini memungkinkan mereka menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan visibilitas mereka.
- Kolaborasi dan Jaringan
Bekerja sama dengan pihak terkait lainnya, seperti perusahaan teknologi, lembaga pendidikan, dan komunitas kreatif, dapat membantu UMKM memperoleh pendanaan, mendapatkan akses pasar baru, dan mengembangkan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berkembang.
- Pendidikan dan Keterampilan Digital
Untuk dapat mengelola bisnis mereka secara efektif di era digital, UMKM dan para pelaku ekonomi kreatif harus memiliki keterampilan digital yang memadai. Literasi digital dan pendidikan teknologi sangatlah penting untuk mengasah keterampilan dan dapat bersaing sehat di era digital saat ini.
- Fokus Pada Pengalaman Pelanggan
Memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan adalah kunci kesuksesan. UMKM perlu memberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan, termasuk pengiriman tepat waktu, produk berkualitas tinggi dan bantuan yang kompeten.
- Pengelolaan Keuangan Bijak
Untuk memastikan kelangsungan bisnis, pengelolaan keuangan yang baik dan efisien sangat penting. UMKM perlu memiliki sistem akuntansi yang andal yang dapat menangani penukaran mata uang dengan bijak.
- Fokus Pada Nilai dan Dampak Sosial
UMKM yang sukses secara konsisten menekankan pada pemberian nilai tambah bagi masyarakat umum dan lingkungannya. Memahami faktor sosial dan lingkungan mungkin penting dalam mencapainya dukungan dari investor dan konsumen.
- Memahami Pekerjaan dan Analisis Data dengan Benar
Memahami proses kerja bisnis dan analisis data sangat penting untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu disesuaikan. Untuk mendapatkan feedback yang lebih akurat, UMKM perlu menggunakan alat analisis dan metrik kerja.
- Perlindungan Kekayaan Intelektual (HKI)
Untuk menumbuhkan inovasi dan kreativitas, penting bagi UMKM untuk melindungi kekayaan intelektualnya, seperti hak paten, merek dagang, dan hak cipta.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H