Mohon tunggu...
Diana DwiSeptyaningrum
Diana DwiSeptyaningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa Universitas Islam KH. Achmad Siddiq Jember

Saya Diana Dwi Septyaningrum, berasal dari Kabupaten Lumajang. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan S1 prodi Manajemen Pendidikan Islam di Universitas KH. Achmad Siddiq Jember. Semoga artikel yang saya tulis ini dapat menambah referensi kalian semua yaa.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Implementasi Model Pembelajaran Pencapaian Konsep

21 Juni 2024   18:01 Diperbarui: 21 Juni 2024   18:09 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

  1. Pengertian Model Pencapaian Konsep

Secara umum, "model" didefinisikan sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan. Dalam arti lain, "model" dapat didefinisikan sebagai barang atau benda tiruan dari benda yang sesungguhnya, seperti globe adalah model dari Bumi. 

Oleh karena itu, karena pembelajaran bukan suatu benda, model pembelajaran dianggap sebagai kerangka konseptual dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Winataputra (2001: 3) membatasi model pembelajaran sebagai kerangka konseptual yang menggambarkan cara-cara sistematis untuk mengatur pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Ini berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Didasarkan pada penelitian Jerome Bruner et al., model pencapaian konsep pertama dibuat oleh Joyce dan Weil dengan tujuan mengajarkan berpikir induktif dan menganalisis dan mengembangkan konsep.

Konsep itu pertama kali muncul pada tahun 1956. Klaimnya bahwa dunia penuh dengan makhluk luar biasa dan tidak memiliki kemampuan untuk membedakan dikategorikan mereka menawarkan tiga keuntungan bagi orang-orang: mengurangi kompleksitas lingkungan, menyediakan alat untuk mengidentifikasi objek di sekitar kita, dan mengurangi kebutuhan kita untuk pendidikan terus menerus. Akibatnya, penemuan ide-ide ini melalui studi cara berpikir manusia sangat penting.

Adanya gagasan baru untuk memperluas pembelajaran adalah pengajaran suatu konsep, menurut Rofi'ati (2014). Model ini sangat ideal untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa karena siswa dapat menggambarkan pembelajarannya sendiri, menggambarkan dan membedakan karakteristik konsep ketika mereka telah mencapai pencapaian konsep.

Pada dasarnya, model pencapaian konsep adalah metode mengajar yang menggunakan data untuk mengajarkan konsep kepada siswa. Dalam model ini, guru memulai pelajaran dengan memberikan data atau contoh kepada siswa, dan kemudian meminta mereka untuk melihat data tersebut. Suatu abstraksi dibuat berdasarkan pengamatan ini.

  1. Langkah-Langkah Model Pembelajaran Pencapaian Konsep

  Penggunaan model pembelajaran pencapaian konsep dimulai dengan memberikan contoh penerapan konsep yang diajarkan dan kemudian mengamati contoh yang diturunkan dari definisi konsep. Hal yang paling penting dalam penggun aan model ini adalah pemilihan contoh yang tepat untuk konsep yang diajarkan, yaitu contoh yang akrab dengan siswa.

Sedangka menurut Miftahul Huda (2013: 80) model-model pembelajaran pencapaian konsep memiliki tiga tahap krgiatan, yang dijabaekan sebagai berikut:

Tahap Pertama: Penyampaian Data dan Identifikasi ide-ide.

Guru mrenyajikan contoh-contoh yangtelah dilabeli.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun