Proses untuk menetapkan tujuan organisasi, mengembangkan kebijakan dan perencanaan, serta mengalokasikan sumber daya untuk mencapai tujuan tersebut.
Berikut adalah unsur-unsur yang terdapat dalam manajemen strategi:
a.Perencanaan: Merupakan kegiatan persiapan yang melibatkan perumusan keputusan dan langkah-langkah penyelesaian masalah untuk mencapai tujuan.
b.Pengorganisasian: Melibatkan kerja sama sekelompok orang dalam pembagian tugas dan pembentukan unit kerja untuk pekerjaan sejenis
C. Pelaksanaan: Dilakukan setelah perencanaan dan pengorganisasian, di mana organisasi melakukan tindakan sesuai dengan struktur organisasi yang telah dibentuk.
d.Penganggaran: Menekankan pada penggunaan dana secara efektif dan efisien dalam organisasi sektor publik.
e.Pengawasan: Proses mengukur dan mengevaluasi kinerja personel serta efisiensi penggunaan sumber daya dalam mencapai tujuan organisasi.
Konsep strategi sektor publik
Konsep strategi sektor publik Merupakan sarana untuk menyediakan kepemimpinan yang sistematis, efektif, dan berorientasi pada tujuan dalam menghadapi masalah organisasi dan lingkungan.
Konsep manajemen strategi sektor publik