Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Belajar memerlukan keterlibatan mental dan kerja siswa sendiri., dengan kata lain pembelajaran dapat dikatakan suatu proses dimana peserta didik untuk lebih maju. Untuk mencapai proses pembelajaran tercapai maka tidak lepas dari  media pembelajaran. Media diartikan sebagai perantara. Dengan kata lain Media Pembelajaran yaitu perantara untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar. Menurut Suprapto mengemukaka bahwa Media pembelajaran yang harus digunakan untuk mencapai keberasilan harus seefektif dan semenarik mungkin yang digunakan dalam pembelajaran,dengan adanya  media anak akan terangsang. Salah satu contoh media yang digunakan yaitu dengan media "Papan Flanel". Papan Flanel sebagai media karena dianggap menghasilkan keberhasilan karena media ini menarik ,mudah disentuh, dan dipindahkan. Media  papan  flannel  yang didesain  untuk  mengembangkan  kecerdasan  logika  matematika dimodifikasi  dengan ditempelkan sehingga  menarik  bagi  anak. karena selama ini pembelajaran yang di anggap monoton.
Hasil dari menggunakan media pembelajaran papan flannel efektik membuat anak antusias Tanya jawab dan memancing  rasa ingin tahu yang besar. Respon terhadap strategi atau metode yang digunakan posistif karena anak tidak belajar dengan monoton dan otoriter tapi sebaliknya anak senang dengan pembelajaran bermain sambil belajar. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media papan fanel dapat di simpulkan kalau anak senang dan aktif selama pembelajaran, maka dari itu guru harus meningkatkan lagi dalam ide-ide kreatifnya dan menyiapkan dengan matangjuga guru mengevaluasi setiap anak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H