Di era reformasi seperti sekarang pendidik di tuntut untuk melek digital. Pendidik dituntut untuk serba bisa dalam menggunakan teknologi yang terus berkembang untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Di era sekarang peserta didik lebih tertarik pembelajaran yang melibatkan mereka, serta pemanfaatan teknologi yang sudah tersedia. Perekmbangan teknologi bukan hanya berkembang dikalangan orang dewasa, bahkan anak kecil di era reformasi ini sudah bisa mengakses teknologi yang terus berkembang.Â
Akan tetapi dari hasil penelitian yang ada masih banyak tenaga pendidik yang masih belum menggunakan teknologi karena banyak tenaga pendidik yang mengalami kesulitan dalam mengoprasikan teknologi yang tersedia, misalnya tenaga pendidik yang hidup dibawah era reformasi seperti sekarang, hal ini sudah bukan menjadi rahasia umum lagi.
Menurut hasil penelitian terdahulu pemanfaatan teknologi dapat digunakan pendidik sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar dan mengajar antara pendidik dan peserta didik. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa serta kemauan mereka sehingga proses belajar berhasil mencapai tujuan pembelajaran.Â
Media pembelajaran membantu pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan mudah baik pembelajaran secara visual, audiovisual dan audio. Diera reformasi pendidik dapat menggunakan teknologi yang tersedia seperti memanfaatkan aplikasi Canva, Kinemaster, Filmora, Power Poin dan lain sebagainya yang dapat digunakan tenaga pedidik untuk membuat media pembelajaran dengan mudah, efektif dan efesien.
Pemanfaatan media dengan cara yang kreatif dan inovatif akan meningkatkan pengetahuan peserta didik. hal ini dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif, hasil belajar yang lebih baik, dan peningkatan kemampuan mereka untuk menerapkan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam menggunaan media pembelajaran seorang pendidik juga harus memerhatikan kesesuaian materi, tujuan pembelajaran serta karakteristik peserta didik, maka peran media pembelajaran berguna untuk menigkatkan hasil pembelajaran.Â
Akan tetapi jika sebaliknya pendidik menggunakan media pembelajaran tidak sesuai dengan materi, tujuan pembelajaran serta karakteristik peserta didik maka peran media pembelajaran tidak berguna untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Video merupakan media pembelajaran yang memiliki hasil cukup meningkat karena peserta didik dapat menerima pembelajaran dengan jelas, serta mereka dapat mengetahui gambaran tentang pembelajaran tersebut. Video pembelajaran dirancang untuk meningkatkan perspektif siswa, memberikan informasi tentang lokasi secara virtual dan realistis, meningkatkan pemahaman siswa, dan membuat mereka merasa terlibat dalam pembelajaran.
Aplikasi pengeditan Wondershare Filmora adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan pendidik untuk membuat video pembelajaran. Aplikasi ini dipilih karena banyak fitur yang menarik dan kemudahan penggunaan. Ada banyak template yang menarik di dalam aplikasi ini, yang memungkinkan pengunggahan musik sesuai dengan konten, memungkinkan berbagai gaya tulisan animasi bergerak, dan banyak fitur lainnya yang bermanfaat. Wondershare Filmora Video Editing, juga dikenal sebagai Filmora, merupakan aplikasi editor yang memungkinkan kita dapat belajar mengedit video dengan cepat dan mudah tetapi memiliki kualitas yang luar biasa.Â
Tampilan kerjanya yang sederhana dan mudah dipelajari menjadikannya solusi yang bagus bagi kita yang ingin belajar mengedit video dengan cepat. Meskipun tampilannya sederhana, Filmora editor video tidak mengesampingkan fiturnya, jadi kita tidak perlu khawatir tentang kualitas hasil editannya. Wondershare Filmora Video Editor adalah program atau software yang dirancang untuk memproses pengeditan video dengan cara yang mudah dan sederhana. Namun, software ini memiliki kualitas dan output yang cukup baik.