Mohon tunggu...
Diah Sastri
Diah Sastri Mohon Tunggu... pegawai negeri -

A greatful wife, a mom, a motivated lecture and an online marketer :D

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mengatasi Pilek Pada Bayi Secara Alami

20 Desember 2013   08:55 Diperbarui: 4 April 2017   16:54 9473
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dimasa panca roba seperti saat ini, anak terutama bayi sangat rentan terkena penyakit musiman seperti panas, batuk dan pilek. Hal ini juga saya alami pada anak saya Andien yang baru berusia 8 bulan. Memang sebagai ibu yang baru memiliki 1 anak dengan pengalaman NOL besar, saya sempat bingung bagaimana cara mengatasi pilek apalagi saya sangat takut untuk memberi obat mengingat usianya yang masih kecil. Nah, setelah mencari beberapa referensi di Google serta cross check dengan pengalaman teman-teman, berikut beberapa alternatif untuk mengatasi pilek pada bayi yang saya buktikan sendiri sangat ampuh: 1. Perbanyak cairan. Bayi yang sedang pilek umumnya akan lebih rewel dari saat kondisinya sehat. Agar tidak dehidrasi dan untuk mempercepat penyembuhan, berikan si kecil air hangat (suam-suam kuku) dan ASI lebih banyak dari biasanya. Saat pilek usahakan untuk tidak memberi jus buah yang sifatnya dingin seperti semangka, pepaya, melon, dsb. 2. Bubur buatan sendiri lebih baik dari bubur instan. Walaupun tidak sakit, saya selalu menyempatkan diri untuk membuat bubur sendiri dirumah. Memang rasanya tidak seenak bubur instan, namun bubur buatan sendiri menurut saya jauh lebih baik karena bahan-bahannya masih segar, takarannya bisa kita sesuaikan dan yang paling penting tanpa bahan pengawet :). Next, saya akan share beberapa resep 5 menit untuk wanita super sibuk seperti kita :D 3. Inhalant Decongestant Oil atau bahasa awamnya minyak hirup. Minyak hirup ini dipergunakan untuk meredakan hidung tersumbat dan melegakan pernafasan. Salah satu merek yang saya pakai adalah milik pure baby. Caranya cukup teteskan 8 tetes pada handuk kering dan hirupkan pada bayi. 4. Tungku Aromaterapi. Ini adalah salah satu penyelamat saya. Supaya tidak repot dan belepotan kalau pakai lilin, cukup beli tungku aromaterapi elektrik yang sangat mudah didapatkan di supermarket. Kemudian pada air hangat teteskan beberapa essential oil aroma Peppermint atau pure baby Inhalant Decongestant Oil atau bisa juga ditetesi minyak kayu putih (dalam keadaan kepepet) :D.

5. Lakukan pijat bayi. Dengan minyak hangat seperti minyak telon yang ditetsi sedikit minyak kayu putih baby, lakukan teknik pemijatan yang terfokus pada dada, punggung dan tengkuk. Pada bayi, tidak usah terlalu ditekan namun lebih untuk menimbulkan rasa hangat dan nyaman pada bayi yang sedang sakit. Anak saya, sangat menikmati sesi pijatan ini. Biasanya aya pijat setelah mandi dan dapat dilakukan lagi jika diperlukan. Berikut saya share teknikpemijatan yang sangat simpel untuk anak/bayi yang sedang flu:
Semoga anak anda lekas sembuh dan semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat. Salam :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun