Mohon tunggu...
Diah Puji Astuti
Diah Puji Astuti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta

Take your time

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Brand Community Program: Pemberdayaan Generasi Muda Menuju Indonesia Emas 2045

26 Maret 2023   03:59 Diperbarui: 26 Maret 2023   04:24 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Diah Puji Astuti

Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Jakarta

PENDAHULUAN

Indonesia memiliki target untuk menjadi negara maju pada tahun 2045, yang dikenal dengan Indonesia Emas 2045. Untuk mencapai target tersebut, pemberdayaan masyarakat menjadi faktor yang sangat penting. (Sulistyo, 2016). Salah satu cara pemberdayaan masyarakat yang cukup efektif adalah melalui program brand community. Program brand community dapat membantu masyarakat berpartisipasi aktif dalam upaya mencapai target Indonesia Emas 2045. Program ini dapat memberikan platform bagi masyarakat untuk berbagi ide, pengalaman, dan pengetahuan yang dapat membantu suatu individu menemukan keahlian dan nantinya dapat mempercepat pembangunan. Selain itu, program brand community juga dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang berbagai isu yang relevan dengan target Indonesia Emas 2045, seperti inovasi, teknologi, dan keberlanjutan. 

Menurut studi yang dilakukan oleh Sari et al. (2020), program brand community dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pemberdayaan masyarakat terutama bagi generasi muda. Dalam penelitiannya, Sari et al. (2020) menemukan bahwa program brand community mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pesertanya dalam berbagai bidang seperti pengembangan usaha, manajemen sumber daya alam, dan teknologi baru. Oleh karena itu, program brand community diharapkan dapat membantu mencapai target Indonesia Emas 2045 dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia. Dengan demikian, program brand community dapat menjadi strategi pemberdayaan masyarakat yang penting dalam mencapai target Indonesia Emas 2045. Dengan adanya program ini, masyarakat dapat menjadi lebih aktif dan terlibat dalam upaya mencapai target tersebut, meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang isu-isu relevan, membangun jaringan dan kolaborasi, serta mendapatkan dukungan dan pelatihan yang dibutuhkan untuk mencapai target tersebut.

TEMUAN

Pemberdayaan Generasi Muda sebagai Strategi Pengembangan Masyarakat 

Pemberdayaan generasi muda adalah salah satu strategi pengembangan masyarakat yang penting untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan. Strategi pengembangan masyarakat sendiri didefinisikan sebagai upaya yang memungkinkan individu kelompok masyarakat untuk dapat bisa memecahkan masalah sosial dengan dihadapkan pada pilihan yang nyata. Dengan begitu, kualitas hidup masyarakat dapat meningkat. Strategi Pengembangan Masyarakat juga menjadi bagian penguatan masyarakat secara aktif dan berkelanjutan yang dilandasi oleh prinsip keadilan sosial, akuntabilitas, partisipasi, dan kerja sama Strategi pemberdayaan masyarakat harus dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek, di antaranya: 

  • Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat dalam bidang tertentu.

  • Memberdayakan lembaga-lembaga masyarakat, seperti kelompok tani, kelompok ibu-ibu, dan kelompok pemuda.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun