Mohon tunggu...
Diah maya Elvira
Diah maya Elvira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya mahasiswa IAIN Ponorogo, hobi saya nonton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Mengatasi Hambatan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah

15 November 2024   14:40 Diperbarui: 15 November 2024   14:51 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

  Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak-anak yang membutuhkan perhatian dan pendekatan khusus dalam pendidikan karena memiliki hambatan fisik, kognitif, atau emosional yang memengaruhi kemampuan belajar mereka. Hambatan belajar pada ABK di sekolah dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti kesulitan memahami pelajaran, keterbatasan dalam berkomunikasi, serta kesulitan beradaptasi dengan lingkungan sosial.

Jenis Hambatan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus

Sebelum merumuskan strategi, penting untuk memahami jenis hambatan belajar yang umum dialami oleh ABK:

1. Hambatan Kognitif: Kesulitan dalam memahami konsep, mengingat informasi, atau memecahkan masalah.

2. Hambatan Fisik: Hambatan yang disebabkan oleh keterbatasan mobilitas atau disabilitas sensorik, seperti tunarungu atau tunanetra.

3. Hambatan Sosial dan Emosional: Kesulitan dalam berinteraksi sosial, regulasi emosi, atau menghadapi situasi yang baru.

Setiap hambatan tersebut memerlukan pendekatan yang berbeda dalam proses belajar mengajar. Strategi Mengatasi Hambatan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh pendidik dalam membantu ABK mengatasi hambatan belajar:

1. Penyesuaian Kurikulum dan Pembelajaran Diferensiasi

Penyesuaian kurikulum dilakukan untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap anak berdasarkan kemampuan mereka. Pembelajaran diferensiasi, yaitu pendekatan yang disesuaikan dengan gaya belajar dan tingkat pemahaman anak, sangat bermanfaat. Contohnya, untuk siswa dengan hambatan kognitif, kurikulum dapat diperlambat atau dimodifikasi untuk fokus pada materi inti yang lebih mudah dipahami.

2. Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Khusus

Alat bantu seperti papan tulis interaktif, program komputer, atau perangkat audio dapat memfasilitasi proses belajar anak dengan hambatan fisik atau kognitif. Contohnya, siswa tunanetra dapat menggunakan perangkat braille atau buku audio, sedangkan siswa tunarungu dapat terbantu dengan aplikasi bahasa isyarat atau alat bantu dengar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun