Mohon tunggu...
Diah Fitri Patriani
Diah Fitri Patriani Mohon Tunggu... Guru - Muslimah Pemerhati Umat

Muslimah Pemerhati Umat di kota Probolinggo

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

JNE Makin Tua Makin Gagas, Gass Terus Kreativitas Tanpa Batas

25 Juni 2024   11:00 Diperbarui: 25 Juni 2024   14:52 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengalaman menggunakan jasa JNE

Sobat penulis mau menceritakan saat 2010 merantau di Kalimantan Timur dan tinggal agak kedalam area pertambangan batu-bara. Jadi saat itu jasa pengiriman yang ada di sana PT Pos Indonesia dan JNE. Kelebihan JNE pada saat itu adalah kantornya mudah dijangkau dekat dengan tempat tinggal. Sehingga menjadi pilihan pertama dan satu-satunya dalam memanfaatkan jasa pengiriman cepat.

Bahkan ketika takdir mengantarkan penulis kembali ke Jawa sementara anak mondok di Samarinda, penulis kerap mengirim paket makanan snack, pakaian dan lain-lain lewat JNE yang juga mudah dijangkau dekat dengan rumah tinggal sekarang. Dalam waktu maksimal 4 hari sudah sampai. 

Ada satu kasus penulis menggunakan jasa JNE barang tidak sampai tujuan karena alamat tidak jelas tapi akhirnya penulis bisa mendapatkan kembali paket tersebut dan mengirim ulang ke alamat yang benar.

Pernah suatu kali di daerah tempat tinggal penulis ada ekspedisi baru dengan tarif yang lebih murah. Wah penulis tertarik dan mencoba menggunakan jasa pengiriman baru tersebut. Seperti biasa dikirim ke Samarinda. Akan tetapi ternyata mengecewakan paket baru sampai 14 hari lamanya, ini menjadi pelajaran bagi penulis bahwa bagaimanapun JNE masih bagus dalam kecepatan pelayanannya.

Makin tua makin Gagas.

Sebagai perusahaan logistik yang sudah malang melintang di dunia jasa pengiriman JNE bisa dikatakan telah memakan asam garam kehidupan lebih dari 33 tahun. Dari merintis kecil menjadi perusahaan yang besar dan cakupan yang luas. Sehingga ia lebih matang dibanding perusahaan logistik  lain. Beberapa kali JNE bisa melewati berbagai krisis dimana perusahaan sejenis kolap karenanya, Bisa dikatakan JNE makin tua makin gagas.

Terbukti pada 15 November 2023 JNE meraih Penghargaan Inovasi Digital dari Indonesia Digital Ecosystem Summit 2023 dari Kemal Effendi Gani, Chief Editor SWA Media Group kepada Bapak Andries K Indrajaya, SVP Information & Communication Technology Group Head JNE di Inovasi Digital dari Indonesia Digital Ecosystem Summit (IDES) 2023 (IST).

Strategi Jalur Langit

Rahasia eksistensi JNE sehingga masih bisa sebesar ini meskipun telah melewati berbagai episode badai ekonomi politik di Indonesia, terletak di strategi jalur langit yang diterapkan dalam manajemen perusahaannya. 

JNE mampu bertransformasi sedemikian rupa dari zero menjadi hero. Tantangan yang dihadapi justru  menjadi sebuah peluang.

Usut punya usut ternyata para pendiri JNE baik H, Soeprapto maupun Djohari Zein mereka berdua meletakkan dasar pemikiran dalam budaya perusahaan tidak semata-mata untuk profit oriented akan tetapi juga prinsip perusahaan connecting happiness yaitu berbagi, memberi dan menyantuni masyarakat sekitar agar dapat diterima masyarakat dan diterima sang khalik Allah SWT pengatur rezeki hambanya. Hal inilah yang semakin mendorong perkembangan perusahaan dan tetap eksis.

Merubah Tantangan menjadi peluang

Krisis 1998

Pada 1998 saat Indonesia mengalami krisis moneter dimana terjadi inflansi dan nilai mata uang yang jatuh bebas. Beberapa sector bisnis terdampak hal tersebut dan gulung tikar. Akan tetapi JNE malah mengalami peningkatan penjualan.

Dirilis dalam iNews.id (3 Desember 2022), Djohan Zein menuturkan bahwa pada saat 1998 JNE telah membantu orang-orang jualan. Tanpa disadari di tahun 2000  sudah hasilnya lewat online selling, dan di tahun 2010  sudah bisa jualan Rp. 1 triliun per tahun, lalu naik 30-40 persen tiap tahunnya.

Akibat pandemic covid-19

Dilansir dari katadata.co.id, Asosiasi Logistik Indonesia ( ALI) mencatat arus pengiriman barang mengalami pertumbuhan hingga 40% selama pandemic covid-19. Prospek bisnis yang menggeliat ini justru menimbulkan tantangan baru bagi JNE karena banyak pelaku bisnis pada saat itu tertarik dan mulai memasuki industry logistik. Hal ini menjadikan persaingan bisnis semakin ketat antar perusahaan.

Disinilah JNE tampak berusaha untuk menjawab persaingan tersebut dengan melakukan pengembangan strategi dan berbagai innovasi. Sebagai upaya untuk meningkatkan nilai bisnis perusahaan logistic.

Digitalisasi Bisnis

Rupanya JNE benar-benar telah membaca dan mempelajari bahwa perkembangan teknologi yang semakin canggih dan arus informasi yang begitiu cepat sehingga JNE segera bertransformasi melakukan perubahan-perubahan untuk menyesuaikan keadaan agar perusahaan bisa tetap eksis, mewujudkan ekosistem pelayanan berbasis digital yang lebih praktis dan mudah diakses.

Beberapa manfaat digitalisasi dalam perusahaan logistik adalah;

  • Perusahaan dapat memonitor barang secara online, realtime dan akurat.
  • Memungkinkan pelanggan untuk dapat melihat proses pengiriman paket mereka
  • Digitalisasi perusahaan logistic juga menghasilkan arus informasi yang cepat, hal ini memungkinkan perusahaan untuk menerapkan system operasional yang jauh lebih efisien. Artinya Biaya operasional dapat ditekan.
  • Digitalisasi yang menghasilkan proses yang serba otomatis meringankan beban pekerjaan-pekerjaan teknis manajemen. Sehingga manajemen bisa lebih fokus dalam berinovasi mengembangkan produk dan layanan baru yang akan meningkatkan nilai bisnis perusahaan.

Terobosan Inovatif yang dilakukan JNE

Setelah lebih dari 33 tahun berjibaku dengan jasa pengiriman domestik JNE mampu melakukan berbagai terobosan dengan salah satunya melakukan kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk menciptakan ekosistem digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Dengan harapan dapat menjadi platform untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekosistem digital di Indonesia.

JNE  terus meningkatkan semangat performa kerja dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis di dunia logistik. Terobosan-terobosan yang dilakukan JNE antara lain:

Pertama, memiliki proyek atau produk berbasis inovasi digital yang melibatkan elemen-elemen ekosistem

Kedua,  kemampuan eksekusi proses pengembangan hingga membawa dampak yang positif bagi pertumbuhan bisnisnya.

Ketiga, membangun lingkungan pekerjaan support sistem antara karyawan dan masyarakat sekitar mengusung semangat Connecting Happiness dan prinsip berbagi, memberi dan menyantuni. Makna dari prinsip tersebut dapat memberikan manfaat bagi kehidupan banyak orang, karyawan maupun masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan program yang diselenggarakan untuk masyarakat luas sebagai dukungan nyata di berbagai bidang antara lain pendidikan, sosial, olahraga, budaya, lingkungan sampai dengan program acara edukatif untuk pemberdayaan komunitas maupun UKM.

Layanan JNE

JNE memiliki beberapa layanan jasa:

  • JNE Ekspress

JNE Express berdiri sejak 1990, memiliki 8000 titik layanan eksklusif di seluruh Indonesia, dari penjemputan hingga pengantaran tujuan. Inilah keunggulan JNE yang memiliki cakupan pengiriman yang luas, terutama di daerah-daerah terpencil atau pelosok. Hal tersebut memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengiriman yang berada di wilayah yang kurang terjangkau oleh layanan pengiriman lain.

  • JNE Logistics

berdiri sejak 2012, merupakan salah satu perusahaan 3PL (Third Party Logistics) dibawah naungan JNE Express yang berdiri sejak 1990. Menawarkan solusi transportasi dan Gudang terintegrasi dengan kemampuan layanan yang menyeluruh.

Memiliki lebih dari 25 warehouse yang beroperasi di seluruh Indonesia dan berkolaborasi dengan lebih dari 600 Cabang dan Agen JNE Express secara nasional.

  • JNE Freight

Melayani kiriman door to door untuk memenuhi kebutuhan kiriman ekspor international konsumen, mencakup lebih dari 220 negara. Jasa kepabeanan ini melayani impor maupun ekspor. JNE memastikan proses bea cukai yang tercakup dalam layanan pengiriman ini mudah dan aman.

Oke sobat telah penulis kulik pengalaman dan perjalanan perusahaan JNE yang bisa kita ambil hikmah bahwa setiap tantangan adalah peluang dan pengalaman meluaskan wawasan dan gagasan untuk terus dapat berkreativitas tanpa batas.

#JNE#ConnectingHappiness#JNE33Tahun#JNEContentCompetition2024 #GassTerusSemangatKreativitasnya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun