Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang ditulis untuk mendaftarkan diri ke suatu perusahaan atau pekerjaan tertentu. Umumnya dalam penulisan surat lamaran pekerjaan dipengaruhi oleh informasi terkait lowongan pekerjaan tersebut.
Terdapat beberapa tips untuk membuat surat lamaran pekerjaan bagi lulusan baru :
1. Pastikan surat lamaran pekerjaan tidak lebih dari satu lembar
2. Perhatikan berkas-berkas yang akan dijadikan lampiran surat
3. Sertakan CV agar perusahaan mengetahui pengalamanmu
4. Tulis surat lamaran pekerjaan dengan sistematika yang baik dan benar
5. Gunakan kata yang efektif untuk menulis surat lamaran pekerjaan
Selain itu anda harus mengecek ulang apakah surat lamaran pekerjaan yang akan anda ajukan telah sesuai dengan syarat dan ketentuan penulisan surat lamaran pekerjaan itu sendiri.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI