Seperti yang diketahui pada umumnya, pendidikan memegang peranan yang terpenting untuk menjamin keberhasilan dan keberlangsungan kehidupan bangsa dan negara. Selain itu, pendidikan juga adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).Â
Terdapat masalah pendidikan dan pembelajaran yang cukup rumit karena terdapat banyak faktor yang mempengaruhi. Salah satu faktor yang diantaranya merupakan guru, karena guru adalah faktor komponen pendidikan dan pengajaran utama.Â
Tugas guru sendiri adalah menyampaikan materi pelajaran melalui interaksi komunikasi pada peserta didiknya. Tugas itu menjadi keberhasilan seorang guru bagaimana menyampaikan materi tersebut, dapat dilihat dari ketetapan media yang digunakan untuk menyesuaikan kondisi lingkungan belajar serta kondisi peserta didiknya.Â
Guru haruslah profesional dalam mendidik, mengajar, dan melatih peserta didik yang mana mewajibkan guru untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Â
Faktanya saat ini, TIK telah mengubah paradigma penyampaian dalam konten pembelajaran kepada peserta didik. Sehingga, penguasaan TIK menjadi tuntutan kompetensi seorang guru saat ini untuk mendukung pelaksanaan tugasnya.Â
Akan tetapi, dalam pemanfaatannya banyak guru yang seringkali tidak memaksimalkan TIK atau masih banyak guru yang cenderung menggunakan cara-cara tradisional dalam pembelajaran, sehingga peserta didik menjadi pendengar pasif yang hanya duduk diam mendengarkan. Maka dari itu, secara bertahap pembelajaran perlu diarahkan pada keefektifan peserta didik atau student center.Â
Sementara itu, jika ditelaah lebih dalam dapat diketahui bahwa keberadaan TIK dapat secara khusus bisa memberi kontribusi yang baik dan efektif serta dapat membantu para peserta didik untuk mendapatkan potensi yang lebih tinggi.Â
Selain itu adanya fasilitas dalam pembelajaran yaitu, TIK dapat memudahkan para guru untuk memaksimalkan konten pembelajaran dan menginovasikan berbagai perangkat teknologi lainnya agar pembelajaran tercipta dengan optimal dan para peserta didik dapat termotivasi serta terakselerasi belajarnya.Â
Di bidang teknologi informasi dan komunikasi dibagi menjadi dua yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi mencakup dan memproses, menggunakan sehingga dapat menjadi alat bantu, memanipulasi dan mengelola informasi.Â
Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan alat memproses dan mengirimkan informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Banyak sekali sistem yang terkait dalam TIK termasuk berbagai perangkat didalamnya.Â
Pendidikan sekarang pun lebih banyak menggunakan TIK. Apalagi dua tahun belakangan ini yang dikarenakan oleh Covid-19 yang mana membuat pendidikan berjalan tidak semestinya, pendidikan di Indonesia yang dalam era new normal mengalami banyak perubahan. Social distancing merupakan salah satu pencegahan penularan virus corona.Â