Mohon tunggu...
Dhiva AnitaHermawan
Dhiva AnitaHermawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

seseorang berjiwa extrovert yang hobi scroll tiktok

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peluang dan Tantangan E-Commerce di Era Digital

23 Maret 2024   20:26 Diperbarui: 23 Maret 2024   20:34 429
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkembangan teknologi yang semakin meningkat pesat membuat kehidupan menjadi lebih mudah dan praktis. Hampir semua aktivitas sehari-hari kita dimudahkan dengan kehadiran teknologi tersebut. Terlebih lagi di zaman sekarang ini banyak yang berbasis digital. Contohnya seperti e-money, e-book, e-commerce, dan lain-lain.

Saat ini e-commerce semakin berkembang pesat dan banyak digemari masyarakat luas, khususnya para remaja. Dengan kehadiran e-commerce dapat memudahkan masyarakat melakukan jual beli barang hingga berbagai negara.

Dilansir dari DJKN Kemenkeu, electronic commerce atau disingkat menjadi e-commerce adalah segala kegiatan jual beli atau transaksi yang dilakukan menggunakan sarana media elektronik (internet). Dengan adanya internet, kegiatan jual beli yang dulunya hanya bisa dilakukan secara tatap muka, sekarang dapat dilakukan secara online di manapun dan kapanpun.

Kehadiran e-commerce ini memberikan peluang bagi para pebisnis untuk memperluas jangkauan mereka ke seluruh Indonesia, hingga mancanegara. Terlebih lagi, bagi pelaku UMKM, hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan. Selain itu, konsumen juga diberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja. Mereka tidak perlu repot keluar rumah dan dapat dengan mudah mencari barang yang diinginkan melalui online shop, seperti shopee, tokopedia, lazada, dan masih banyak lagi.

E-commerce juga memberikan penawaran produk yang lebih bervariasi daripada toko offline. Selain itu, efisiensi dan efektivitas transaksi bisnis juga menjadi meningkat. Mulai dari proses pemesanan, pembayaran, dan pengiriman yang dilakukan secara online dapat menghemat waktu dan biaya.

Namun, e-commerce yang terus berkembang juga memberikan tantangan kepada pelaku bisnis. Contohnya yaitu membangun kepercayaan konsumen terhadap toko. Dikarenakan berbelanja secara online, konsumen tidak dapat secara langsung melihat dan mengetahui kualitas produk yang mereka beli. Untuk membangun kepercayaan konsumen, kita harus menampilkan produk dan menuliskan deskripsi sesuai dengan produk yang kita jual.

Selain itu, persaingan yang ketat dalam e-commerce membuat para pelaku bisnis harus memutar otak mereka untuk terus berinovasi dan bersaing. Mulai dari segi harga, kualitas produk, dan pelayanan toko.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan bisnis digital yang memiliki peluang dan juga tantangan yang perlu diperhatikan dengan matang. 

Kehadiran  e-commerce memberikan kemudahan dan penawaran menguntungkan, baik bagi pelaku bisnis maupun konsumen. Dengan memahami peluang dan tantangan tersebut, para pelaku bisnis dapat mengambil langkah strategis yang tepat untuk memaksimalkan potensi bisnis mereka dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun