Globalisasi dapat diartikan sebagai pengembangan hubungan pasar dalam hal peningkatan perdagangaan dan investasi keseluruh dunia globalisasi adalah aktivitas pemasaran dimana perusahaan multi nasional menjalankan bisnis diberbagai negara didunia dengan memanfaatkan strategi pemasaran dan menciptakan produk berstandar global. Globalisasi telah mendorong adanya perluasan pasar serta penggabungan ekonomi antar negara. Hal ini dapat menumbuhkan lingkungan persaingan yang meningkat, tidak hanya ditingkat domestik, tetpi pada skala regional dan global. Perusahan-perusahaan harus memiliki kemampuan untuk bersaing secara efisiens untuk mempertahankan pangsa pasar mereka ditengah masuknya pergerakan perdagangan yang liberalisasi.
Menurut kajian ilmu ekonomi pasar diartikan sebagai suatu tempat bertransaksi atau proses interaksi antara pembelu( permintaan) dan penjual (penawaran) dari suatu barang tertentu, sehingga membentukan keseimbangan harga (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Adapun syarat-syarat terbentuknya pasar meliputi adanya penjual, adanya pembeli, barang atau jasa yang diperjualbelikan, terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli. Pnejual dapat diartikan sebagai kelompok individu yang yang memberikan penawaran terhadap produk baik berupa barang atau jasa sesuai kebutuhan pasar. Adapun pemebli merupakan kelimpok individu yang menentukan permintaan terhadap produk barang atau jasa.
Diera globalisasi yang ditanyai dengan perubahan teknologi dan integrasi ekonomi menndalam, pertumbuhan dan perkembangan pasar menjadi semakin ko mpleks dan dinamis. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah masyarakat cara pandang dan berinteraksi, menjadikan pasar tidak lagi terbatas pada batas geografis. Pertumbuhan perdagangan internasional dan arus modal telah membuka pintu bagi dunia usah untuk memasuki pasar global dengan lebih mudah. Perkembangan teknologi informasi tidak hanya memberikan akses yang lebih mudah pada pasar global tetapi juga membuka peluang baru bagi inovasi dan efisiensi usaha, sehingga para pelaku usaha dapat menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif.Â
Globalisasi membawa dampak yang signifikan dalam berbagai bidang khususnya ekonomi. Adanya globalisasi dampak mendorong perusahaan untuk dapat mengembangkan usahanya, serta memberikan peluang untuk memperoleh keuntungan lebih dalam jangkauan pasar yang lebih luas. Selain itu terdapat tantangan yang harus dihadapi untuk dapat bertahan, perusahaan dituntut berkreasi menciptakan strategi yang efektif dan inofatif agar bisa bersaing di pasar global yang kompetitif. Globalisasi mendorong perusahaan untuk adaptif terhadap budaya dan preferensi konsumen. Kompetisi dalam pasar ekonomi global memiliki dampak yang signifikan dan luas baik dalam hal positif dan negatif.Â
Dampak positif:
1. Inovasi dan efisiensi
2. Penurunan harga
3. Pilihan yang lebih beragam
4. Peningkatan prtoduktivitas
5. Perluasan pasar.
Dampak Negatif: