Mohon tunggu...
Yudhista Aditya
Yudhista Aditya Mohon Tunggu... -

Belajar berkomentar dan ngeblog dengan santun

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Cara Reservasi Tiket Kereta Api melalui Aplikasi Smartphone

3 Maret 2015   03:46 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:15 2357
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="" align="alignright" width="300" caption="foto: KAI"][/caption] Sebagian besar dari Anda pasti sudah mengetahui tentang aturan PT KAI yang memperbolehkan masyarakat di seluruh Indonesia untuk melakukan reservasi atau pemesanan melalui situs website resmi milik PT KAI. Kini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga telah meluncurkan aplikasi pemesanan atau reservasi tiket kereta api melalui aplikasi yang dapat diakses pada smartphone Anda, yaitu aplikasi bernama KAI Access. Cara ini terbukti sangat memudahkan calon penumpang untuk bisa mendapatkan tiket secara instan karena hanya butuh beberapa menit saja untuk melakukan seluruh prosedur termasuk pengisian data hingga selesai. Aplikasi KAI Access ini bisa diunduh di PlayStore atau App Store secara free alias gratis. Untuk dapat mengunduh aplikasi ini, cukup ketikkan kata kunci “Kereta Api Indonesia Access” dan ikuti semua alur prosedur instalasinya. Setelah proses instalasi berhasil dengan baik, akan muncul pilihan login dan registrasi secara otomatis. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisikan berbagai informasi pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, nomor telepon, alamat e-mail ,kata sandi, nomor identitas (KTP/ SIM/ Passport), dan alamat sesuai yang tertera di kartu identitas Anda. Jika Anda sudah selesai mengisi semua kolom, maka tinggal klik “sign up” dan tunggu hingga muncul pesan singkat (SMS) balasan berupa 6 digit kode aktivasi. Kode aktivasi inilah yang kemudian dapat Anda gunakan untuk mendapatkan tiket. Sekarang Anda tinggal mengakses lagi menu login, masukkan nomor ponsel berikut kata sandi yang sudah didaftarkan tadi, lalu masukkan kode aktivasi yang Anda miliki. Setelah selesai, Anda tinggal menekan menu “Pesan Tiket”. Di dalam menu ini masukan pilihan Anda seperti stasiun keberangkatan, stasiun yang dituju, tanggal berangkat kereta, jumlah penumpang (dewasa dan anak-anak), serta jangan lupa opsi rute “sekali jalan” atau “pulang pergi”. Lalu, Setelah memilih kereta dan menentukan cara pembayaran tiket, Anda diperbolehkan juga untuk memilih nomor kursi, namun hanya jika kursi tersebut masih dalam keadaan kosong (belum dipesan). Setelah selesai mendaftarkan keberangkatan Anda melalui aplikasi KAI Access, Anda diharuskan melakukan pembayaran maksimal 4 jam, karena jika tidak pemesanan Anda akan dibatalkan secara otomatis oleh pihak PT KAI. Setelah Anda melakukan pembayaran atas booking tiket Kereta Api melalui ATM atau bank terdekat, maka yang harus dilakuykan selanjutnya adalah dengan mengambil tiket KA di loket stasiun terdekat. Anda dapat menukarkan tanda bukti pembayaran berupa struk ATM beserta bukti Kode pemesanan, fotokopi KTP/ Kartu Identitas yang masih berlaku dengan tiket Anda. Sama seperti aplikasi booking kereta lewat media yang lain, Anda diperbolehkan untuk melakukan reservasi secara online sejak H-30 sampai H-1, yang artinya maksimal 1 bulan sebelum jadwal keberangkatan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun