Mohon tunggu...
DHIDIQ ZAINUL
DHIDIQ ZAINUL Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Muktamar

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Trend Fashion yang Terlahir Kembali, "Gorpcore"

8 Januari 2023   23:39 Diperbarui: 8 Januari 2023   23:58 2167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Ada banyak trend fashion dari era dulu popular Kembali pada saat pandemi COVID-19, salah satu nya adalah "GORPCORE".  Fashion yang memadukan 2 hal yang bertolak belakang yaitu gaya dan praktis, lebih tepatnya memadukan gaya hiking dan jalan santai. Gaya seperti ini bagi saya cocok untuk semua orang, dikarenakan cocok untuk bagi pencita alam maupun sekedar untuk bersantai.

Gorpcore sendiri adalah singkatan dari "Good Of Raisins and Peanuts (G.O.R.P). yang mempunyai arti kismis dan kacang tanah yang enak. Singkatan ini berasal dari para hiking dan outdoor enthusiast yang suka memakan kacang dan kismis karena praktis, namun mengenyangkan dan enak. Gorpcore digambarkan sebagai fashion style yang berfokus pada peralatan outdoor dengan karakteristik performa yang baik.

Gorpcore bahkan telah berkembang menjadi subkategori dalam pasar. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas untuk Gorpcore pada saat pandemi juga bersamaan dengan popularitas brand-brand mewah lainnya, sehingga lumayan sulit untuk menjual trend seperti "gorpcore" apalagi untuk menjual barang bekas di platform seperti Depop atau bahkan toko online Indonesia.

Misalnya, di Depop, merek seperti Arc'teryx, The North Face, dan Salomon mendapatkan lebih banyak lalu lintas penelusuran dari sebelumnya, terutama untuk rompi, jas hujan, celana teknis, dan tas. Bahkan merek kelas atas pun tidak mau ketinggalan. Belum lama ini, Dior berkolaborasi dengan Birkenstock untuk merilis Tokio mules dan Milano sandals. Diikuti dengan Jacquemus, Loewe hingga Gucci dan Prada.

Namun. trend Gorpcore memiliki keunikan sendiri pada estetika nya. Estetika fashion Gorpcore sendiri berupa palet warna-warni yang cenderung playful, seperti perlengkapan berkemah pada umumnya: oranye, hijau, ungu, biru hingga merah muda. Mungkin beberapa warna terinspirasi dari hijaunya hutan, birunya air hingga cerahnya bunga dan indahnya sunset tone. 

Merek ACG Nike cenderung ke arah nada bersahaja. Tidak seperti pakaian teknis, yang lebih pas bentuk, mode gorpcore berbicara banyak: celana panjang lebar, jaket wol besar dan segala sesuatu yang nyaman untuk bergerak bebas di luar, baik hiking, memancing, mendaki atau berkemah. 

Layering juga merupakan fitur Gorpcore, seperti jaket puffer TNF Nuptse dengan zip terbuka dan interior bulu, yang tidak terlalu cocok dengan iklim tropis Indonesia (kecuali jika Anda benar-benar mendaki, katakanlah, Gunung Bromo). Logo merek Gorpcore juga memainkan peran penting, lihat logo Patagonia, The North Face, Montbell, Columbia bahkan Snow Peak, Nike ACG, Adidas Terrex dan Arc'teryx, yang mudah dikenali dan terlihat sangat kuat dalam desain.

Dan trend Gorpcore selalu mengendapankan keberlanjutan dan keserbagunaan. Meskipun bisnis pakaian luar ruangan secara keseluruhan baru merangkul keberlanjutan dalam 5-10 tahun terakhir, waktu mulai terisi dengan cepat. Hampir semua merek saat ini menggunakan tekstil daur ulang, mulai dari jaket bulu angsa daur ulang hingga poliester dan kapas daur ulang di kemeja dan lapisan dasar.

Konsumen menghargai sebab-sebab pendukung yang secara langsung dapat memengaruhi masa depan komunitas global kita, kata Jesch. Itu mengilhami tren mode seperti tambal sulam, pola yang tidak serasi; Warna-warna cerah yang berani dan kaya dikombinasikan dengan warna-warna lembut dan tidak bersuara, warna-warna alami dan digunakan kembali untuk mempelajari seni perbaikan dan renovasi kuno.

Sementara merek-merek yang terinspirasi seperti Arc'Teryx meluncurkan program perlengkapan bekas (perhatikan bahwa Patagonia telah memilikinya selama beberapa tahun), itu juga berkembang ke permainan vintage, sekarang menawarkan sweater, jaket, dan perlengkapan outdoor umum dengan gaya vintage tahun 80-an. tahun dan 90-an. . lebih banyak permintaan dari sebelumnya.

(Di masa depan) kami melihat dunia di mana kami menawarkan kantong tidur, tenda, dan perlengkapan outdoor daur ulang lainnya, kata Topper Luciani, CEO/pendiri platform vintage Bagus. Dia mencatat bahwa estetika Goodfair sebenarnya terinspirasi oleh pendaki Amerika Arlene Blum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun