Mohon tunggu...
Dhi
Dhi Mohon Tunggu... Lainnya - belajar

pejuang ST

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pancasila bagi Pemuda Indonesia

19 April 2021   12:57 Diperbarui: 19 April 2021   13:03 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

pengertian Pancasila sebagai ideologi Negara Indonesia adalah visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, yaitu terwujudnya kehidupan yang menjunjung tinggi ketuhanan, nilai kemanusiaan, kesadaran akan kesatuan, berkerakyatan, serta menjunjung tinggi nilai keadilan.

Dengan begitu peran para pemuda ini sangatlah penting bagi bangsa indonesia ini, kenapa saya bilang begitu? ya karena seperti yang kita tau bersama bahwa di negara ita indonesia ada yang namanya sumpah pemuda yang dimana isinya ialah tentang pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. janji sumpah pemuda tersebut untuk membangkitkan semangat rakyat indonesia terutama bagi para pemuda pemudi yang akan menjadi penerus bangsa nantinya

Sumpah Pemuda tercetus pada 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Sumpah Pemuda tercipta dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, yaitu 27-28 Oktober 1928. Situasi tersebut yang menjadikan setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Dengan begitu saya sebagai pemuda indonesia saya sangat bangga lahir di tanah air bangsa indonesia ini, saya bangga akan sumber daya alam yang ada di indonesia, saya bangga menjadi bagian dari negara ini. dengan begitu saya ingin mengajak para teman-teman semuanya untuk selalu menjaga dan menjunjung tinggi nilai pancasila selain sebagai ideologi pancasila juga sebagai landasan utama bagi negara indoseia, jadi saya harap pada teman-teman semuanya untuk selalu bertekad memperjuangkan umtuk menegakkan keadilan yang ada dinegara demokrasi seperti negara indonesia ini supaya rakyat indoseia selalu hidup dengan aman dan nyaman baik dari segi lingkungan maupun ekonomi. dengan begitu saya harap kita sebagai pemuda harus bisa membagakan negara keastuan repulik indonesia tercinta ini.

saya Aldhi Riantino sebagai penulis ingin berterima kasih kepada teman-teman semuanya dan meminta maaf jika ada kesalahan dalam penulisan saya ini, Semangat berkarya

kepada bpk Ilham Hudi SP,d.,MP,d

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun