Mohon tunggu...
Dhevi Anggarakasih
Dhevi Anggarakasih Mohon Tunggu... Wiraswasta - Dhevi Anggarakasih

Just want to be the best version of me

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

LIMA, Memaknai Pancasila dalam Menjaga Rumah Kita, Indonesia

14 Juni 2018   01:16 Diperbarui: 14 Juni 2018   01:54 630
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menyaksikan pemutaran film LIMA awal Juni lalu atas undangan Shop Back Indonesia dan Mitsubishi Motors Indonesia bersama rekan-rekan blogger dari berbagai  komunitas membuat saya seakan  terlempar kembali ke beberapa peristiwa dalam  hidup saya di masa lampau yang mirip sekali dengan berbagai adegan dalam  film ini.

Film omnibus yang disutradarai lima sutradara ini bercerita tentang konflik yang dialami para tokoh utamanya yang dikaitkan dengan lima sila dalam Pancasila dan bagaimana sesungguhnya Pancasila dapat dijadikan pedoman dan  pegangan hidup para tokohnya dalam menyelesaikan berbagai konflik yang mereka alami.

Di  awal cerita, salah satu tokoh utama yang nonmuslim mempertanyakan haknya untuk memakamkan sang ibu yang muslim. Kegalauan beberapa tokoh  utama lain yang terkait berkenaan dengan boleh tidaknya hal ini  dilakukan ditinjau dari segi agama yang diyakini versus wujud bakti seorang anak kepada orang tuanya. Kejadian ini mirip sekali dengan pemakaman  Embah putri saya yang muslim tahun 2012 yang lalu dimana beliau meminta agar suami saya yang menganut Hindu dapat mengantarkan beliau ke tempat peristirahatan terakhir. Seperti juga dalam film ini, sempat terjadi pertentangan dalam keluarga kami. Tapi keputusan yang diambil adalah  menghormati keinginan Almarhumah dan menjalankan bakti sebagai seorang cucu yang mencintai dan menghormati neneknya. Karena dalam lubuk hati kami  yang terdalam kami meyakini bahwa kami menyembah Tuhan yang satu. Tuhan yang sama. Tuhan Yang Maha Esa. 

Konflik kedua dalam film ini adalah tentang pergolakan batin salah satu tokoh utamanya saat menyaksikan seseorang harus kehilangan nyawa oleh sekelompok orang yang main hakim sendiri. Sekelompok orang yang ingin menunjukkan kekuasaaannya, yang lebih mengutamakan ego serta melampiaskan rasa frustrasi akan diri mereka sendiri kepada orang lain yang belum tentu bersalah atau mungkin hanya melakukan kesalahan sepele. Sehingga lupa untuk menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, sehingga lupa untuk berperilaku sebagai makhluk yang beradab, sehingga lupa bahwa manusia lain juga adalah ciptaan Tuhan dan bahwa kematian adalah melulu hak prerogatif Tuhan. 

Sama seperti yang saat ini tengah terjadi pada bangsa ini. Sekelompok orang yang lupa bahwa Indonesia adalah rumah kita bersama, sekelompok orang yang lupa akan jati diri mereka sendiri sebagai anak bangsa melakukan berbagai upaya, menghalalkan segala cara untuk dapat meraih apa saja sebanyak yang mereka bisa dengan tidak hanya mengorbankan nyawa orang lain tetapi juga mengorbankan harkat dan martabatnya sendiri sebagai manusia yang sesungguhnya memiliki kedudukan sebagai makhluk termulia di muka bumi ini.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita mudah sekali terpancing emosi. Lupa pada diri sendiri yang juga terkadang melakukan hal-hal bodoh tanpa disadari.  Padahal jika kita cukup mawas diri, banyak hal-hal kecil yang hanya perlu dimaklumi, diperbaiki tanpa harus meluapkan emosi ke segala arah yang akan berbuntut kepada kerugian bagi diri sendiri.

Konflik ketiga dialami salah seorang tokoh utama lainnya, seorang pelatih olah raga renang yang harus memilih anak didiknya untuk bertarung di kancah internasional berdasarkan ras (baca : pribumi). Bukan berdasarkan prestasi yang dimiliki. Bukan pula pada cara dia berperilaku. 

Integritas terhadap pekerjaan yang dilakoninya membuat sang tokoh memilih untuk mengundurkan diri daripada bertindak tidak adil dan membohongi hati nurani. Walaupun konflik tersebut pada akhirnya terselesaikan dengan penolakan para anak didik berbeda ras (baca : pribumi dan non pribumi) dari sang tokoh untuk saling berseteru tapi malah memilih untuk bersatu dan bersama-sama mengharumkan nama bangsa.

 Hal ini menunjukkan betapa kuatnya arti rasa persatuan yang merupakan cerminan sila ketiga, dalam mengatasi konflik bernama perbedaan. Persatuan, yang akhir-akhir ini terasa makin menipis karena adanya perbedaan ideologi, yang melebar menjadi isu perbedaan agama, ras dan suku bangsa. Yang pada dasarnya adalah konflik kepentingan dan perebutan kekuasaan. 

Apakah kamu menyadarinya? Bahwa perbedaan adalah hal yang mutlak ada dalam kehidupan, bahwa perbedaan bukanlah suatu hal yang harus dibesar-besarkan sehingga berpotensi menimbulkan perpecahan? Sehingga isunya dengan mudah ditunggangi oleh berbagai kepentingan? Bahwa perbedaan yang ada seharusnya menjadi sumber kekuatan. Yang membuat kita menjadi pribadi yang lebih dewasa, lebih peka serta membuat hidup kita lebih kaya dan berwarna. 

Konflik keempat tentang perselisihan akibat praduga yang timbul saat pembagian hak waris beberapa tokoh utama sepeninggal ibu mereka yang berhasil diatasi dengan jalan diplomasi ; musyawarah untuk mufakat. Yang merupakan cerminan sila keempat dari Pancasila : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun