Strategi pembelajaran adalah kegiatan atau upaya yang dilakukan oleh guru dalam melakukan pembelajaran agar tercapai tujuan belajar yang optimal. Terdapat berbagai macam strategi pembelajaran, misalnya:
- Strategi pembelajaran berbasis proyek
Merupakan strategi pembelajaran yang dikelola dengan melibatkan kerja proyek. Kerja proyek ini menuntut siswa untuk merancang,memecahkan masalah, membuat keputusan, melakukan kegiataninvestigasi dan bekerja secara mandiri agar siswa mampu menyelesaikan tugas atau permasalahan yang dihadapi secara mandiri.
- Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir
Merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada kemampuan berpikir siswa. Dalam strategi ini materi pelajaran tidak disajikan begitu saja kepada siswa, tetapi siswa dibimbing untuk menemukan sendiri konsep yang harus dikuasai melalui proses dialogis yang terus – menerus dengan memanfaatkan pengalaman yang dimiliki siswa.
- Strategi pembelajaran kreatif-produktif
Pembelajaran kreatif-produktif adalah strategi pembelajaran yang dikembangkan dengan mengacu pada berbagai pendekatan pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Misalnyapendekatanbelajar aktif dan kreatif (CBSA), strategi pembelajaran konstruktif, dan pembelajaran kolaboratif dan kooperatif.
Dan masih banyak strategi lain yang bisa digunakan dalam pembelajaran.
Metode pembelajaran adalah cara yang dilakukan oleh guru untuk mengaplikasikan atau melaksanakan rencana pembelajaran yang telah disusun dalam suatu kegiatan belajar mengajar. Contoh dari metode pembelajaran yang biasa digunakan antara lain:
- Metode ceramah
Yaitu metode penyampaian materi pelajaran secara lisan oleh guru sedangkan siswa hanya perlu mendengar dan memahaminya.
- Metode tanya jawab
Yaitu metode pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan sebagai stimulus agar siswa berpikir atau mencari jawabannya.
- Metode diskusi
Yaitu metode pembelajaran dengan memunculkan atau memberikan masalah untuk dipecahkan oleh siswa. Dalam diskusi ini terjadi tukar menukar gagasan atau pendapat untuk memperoleh kesamaan pendapat dalam pemecahan masalah yang ada.
Teknik pembelajaran adalah kemampuan yang dimiliki oleh guru untuk mengkoordinir, mengkondisikan, atau memfasilitasi kegiatan belajar siswa agar strategi dan metode pembelajaran yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal.
Dalam suatu pembelajaran, strategi, metode, dan teknik merupakan tiga hal yang tidak dapat dipisahkan. Dengan strategi dan metode yang tepat serta didukung teknik yang bagus, suatu pembelajaran akan berjalan secara efektif dan efisien dengan hasil yang optimal.
Namun bukan berarti seorang guru harus menggunakan strategi, metode, dan teknik yang ada begitu saja. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, pembaharuan dalam tiga hal tersebut sangat perlu dilakukan. Pembaharuan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan menggabungkan beberapa strategi serta metode yang berkaitan, atau sekedar menyelingi suatu strategi dengan strategi lain dan suatu metode dengan metode yang lainnya agar pembelajaran tidak berjalan monoton dan membosankan, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H